> >

Australia Umumkan Rencana Buka Perbatasan Mulai November

Kompas dunia | 1 Oktober 2021, 21:37 WIB
Perdana Menteri Australia Scott Morrison dalam konferensi pers membahas pembatasan perjalanan di Canberra, Australia, Jumat (1/10/2021). (Sumber: Lukas Coch/AAP Image via AP)

CANBERRA, KOMPAS.TV – Perdana Menteri Australia Scott Morrison pada Jumat (1/10/2021) mengumumkan rencana untuk membuka kembali perbatasan negara bagi warga yang sudah divaksin secara lengkap. Rencana ini merupakan pergeseran dari strategi nol Covid-19 ke model hidup berdampingan dengan virus itu.

Melansir CNN, rencana yang akan berlaku mulai November ini diumumkan setelah Australia menutup perbatasannya bagi dunia selama lebih dari 18 bulan sebagai respons atas pandemi Covid-19.

Selama masa itu, Australia memberlakukan kuota kedatangan internasionalnya, hingga menyebabkan ribuan warganya terlantar di luar negeri. Mereka yang bisa datang ke Australia pun harus menjalani karantina selama 14 hari di hotel.

Kini, 55 persen populasi negeri kangguru itu telah divaksin secara lengkap dan tingkat vaksinasi dosis pertama mendekati 80 persen.

“Pemerintah telah mematangkan rencana agar keluarga-keluarga Australia dapat bersatu kembali, para pekerja Australia dapat melakukan perjalanan masuk dan keluar negeri, dan kita bisa bekerja menyambut turis kembali ke pesisir kita,” ujar Morrison.

Baca Juga: Menlu Prancis Tuding Australia Berbohong soal Kontrak Kapal Selam

“Banyak negara di dunia kini telah membuka kembali pintu perjalanan internasional, dan akan tiba waktunya bagi Australia untuk mengambil langkah selanjutnya,” imbuhnya.

Morrison menyebut, warga Australia dan penduduk permanen akan diizinkan menjalani karantina di rumah. Jumlah orang yang diizinkan masuk ke Australia juga tak dibatasi, dan mereka hanya akan menjalani karantina selama 7 hari.

Rencana itu merupakan antisipasi penyelesaian uji coba karantina rumah di dua negara bagian.

“Untuk membuka kembali secara aman, pertama kita butuh pilot karantina rumah di New South Wales dan Australia Selatan untuk menyimpulkan dan sukses agar mereka dapat berperan dalam skala besar.

Penulis : Vyara Lestari Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : CNN


TERBARU