> >

Menjadi yang Pertama, Australia Bakal Uji Coba Vaksinasi Covid-19 Tanpa Jarum

Kompas dunia | 29 Juni 2021, 21:30 WIB
Ilustrasi vaksin Covid-19 (Sumber: Shutterstock.com)

SYDNEY, KOMPAS.TV - Pemerintah Australia baru saja mengeluarkan izin uji coba vaksinasi Covid-19 tanpa menggunakan jarum suntik.

Peneliti dari Universitas Sydney, dr. Nick Wood menerangkan bahwa dalam uji coba ini, vaksin Covigen akan diinjeksikan ke dalam tubuh sukarelawan yang sehat melalui injector jet.

"Apa yang kami lakukan dalam uji coba khusus ini hanya mengambil kode DNA (virus) dan kemudian menggunakan perangkat bebas jarum khusus, di bawah kekuatan mekanis, untuk memasukan kode genetik DNA itu ke dalam sel," ungkapnya, sebagaimana dikutip dari 9News.

Baca Juga: Wakil Perdana Menteri Australia Didenda karena Tak Pakai Masker

Vaksin Covigen sendiri dirancang sebagai instruksi DNA yang akan mengajari sel-sel tubuh untuk membuat protein lonjakan Covid-19, sehingga sistem daya tahan bisa membangun pertahanannya.

"Secara keseluruhan, kami berharap mendapatkan 150 orang dalam uji coba fase pertama ini untuk melihat respons keamanan dan kekebalan," kata dr. Wood.

Peneliti lainnya, Profesor Peter Richmond pun menilai pendekatan vaksinisasi tanpa jarum ini bisa menjadi solusi untuk masa depan.

"Sangat mudah untuk memberi (vaksin tanpa jarum), dan saya tidak terlalu merasakannya (penyuntikan) sama sekali," tuturnya.

Lebih lanjut, melansir News.com, penelitian ini telah dimulai pada pekan ini untuk fase pertamanya dan sudah ada beberapa relawan di sejumlah lokasi uji coba seperti Scientia Sydney, Institut AnakTelethon di Perth, serta Rumah Sakit Wanita dan Anak di Adelaide.

Baca Juga: Hadang Covid-19 Varian Delta, Sydney Australia Mulai Lockdown Dua Minggu

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Fadhilah

Sumber : Kompas TV


TERBARU