> >

Biden Tingkatkan Komitmen AS Bagikan Vaksin Covid-19 ke Seluruh Dunia Hingga 80 Juta Dosis

Kompas dunia | 18 Mei 2021, 05:58 WIB
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden saat berbicara tentang pembagian vaksin Covid-19 AS ke seluruh dunia di Gedung Putih, Washington, AS, Senin (17/5/2021). (Sumber: AP Photo/Evan Vucci)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden menyatakan pada Senin (17/5/2021) bahwa AS akan membagikan 20 juta dosis vaksin Covid-19 tambahan ke seluruh dunia dalam waktu 6 pekan de depan.

Langkah ini ditempuh AS lantaran permintaan domestik untuk vaksin telah menurun dan kebutuhan vaksin dunia semakin meningkat.  

Melansir Associated Press, Senin (17/5/2021), vaksin yang akan dibagikan merupakan vaksin produksi Pfizer, Moderna dan Johnson & Johnson.

Rencana ini menandai kali pertama AS membagikan vaksin yang dikontrol AS untuk digunakan di dalam negeri, dibagikan ke luar negeri. Langkah ini juga akan meningkatkan komitmen AS berbagi vaksin ke seluruh dunia menjadi 80 juta dosis.   

Baca Juga: Amerika Serikat Rekomendasikan Vaksin Covid-19 Buatan Pfizer Untuk Anak Usia 12-15 Tahun

“Kami tahu AS tidak akan benar-benar aman sampai pandemi yang melanda seluruh dunia terkendali,” ujar Biden di Gedung Putih.

Sebelumnya, pemerintahan Biden berencana membagikan sekitar 60 juta dosis vaksin AstraZeneca, yang belum disetujui penggunaannya di AS, pada akhir Juni mendatang. Vaksin AstraZeneca akan tersedia untuk dikirimkan jika telah memenuhi standar keselamatan dari BPOM AS, FDA.

Biden juga menunjuk koordinator Covid-19 Jeff Zients untuk memimpin upaya AS membagikan vaksin ke seluruh dunia.

“AS akan menjadi gudang vaksin bagi seluruh dunia,” kata Biden.

Namun, masih belum dirinci bagaimana pelaksanaan pembagian vaksin ini akan dilakukan, atau negara mana saja yang akan menerima vaksin dari AS.

Penulis : Vyara Lestari Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU