> >

Banjir Sydney Semakin Parah, Ribuan Warga Dievakuasi

Kompas dunia | 22 Maret 2021, 07:09 WIB

 

Sebuah jalan di utara Sydney terputus dan rusak berat karena tersapu banjir, Sabtu (20/3/2021). (Sumber: Associated Press)

SYDNEY, KOMPAS.TV – Ribuan warga Australia akan dievakuasi dari rumah mereka karena banjir di wilayah Sydney semakin memburuk.

Hujan deras selama berhari-hari di sebagian besar negara bagian New South Wales telah menyebabkan sungai dan bendungan meluap. Air pun menggenangi dan merusak rumah penduduk.

Premier Negara Bagian New South Wales Gladys Berejiklian menyatakan, banjir kali ini merupakan yang terburuk dalam beberapa dekade terakhir dan harus ditanggapi secara serius.

Perdana Menteri Australia Scott Morrison telah menawarkan dana bagi mereka yang harus dievakuasi.

Baca Juga: Puluhan Petugas Medis Terjebak Banjir Lahar Hujan Diselamatkan dengan Alat Berat

Prakiraan cuaca menyebutkan bahwa sungai Hawkesbury diperkirakan akan mencapai level tertinggi pada hari Senin (22/3/2021). Bendungan Warragamba, yang merupakan sumber air utama Sydney, meluap untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir.

Pada hari Minggu (21/3/2021), pasangan muda di New South Wales melihat rumah mereka tersapu banjir bandang pada hari pernikahan mereka.

Para tetangga yang terkejut merekam rumah dengan tiga kamar tidur tersebut yang terombang-ambing di sepanjang sungai Manning.

Tujuh tempat penampungan darurat telah dibuka di seluruh negara bagian. Air diperkirakan tidak akan surut hingga Kamis.

Penulis : Tussie Ayu Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU