> >

Tebing Makam di Italia Longsor, Puluhan Peti Jenazah Mengambang di Laut

Kompas dunia | 24 Februari 2021, 20:10 WIB
Sebuah peti jenazah mengambang di laut menyusul longsornya sebuah tebing pemakaman di Riviera Italia, Italia, Senin malam (22/2) waktu setempat. (Sumber: AP Photo)

CAMOGLI, KOMPAS.TV – Sebuah area pemakaman yang terletak di atas sebuah tebing di ketinggian 70 meter di atas permukaan laut di Riviera Italia di Provinsi Genoa, Italia longsor pada Senin malam (22/2). Akibatnya, sekitar 200 peti jenazah yang tertanam di dalamnya berhamburan di dasar tebing. Sebagian dari peti-peti jenazah tersebut juga mengambang di laut.  

Associated Press melaporkan, sejumlah warga yang menyaksikan peti-peti mati tersebut mengambang di permukaan air laut, tampak terkejut. Sebab bisa jadi, isinya kerabat mereka yang telah meninggal.

Baca Juga: Indahnya Semburan Lava Letusan Gunung Etna di Sisilia, Italia

“Sungguh mengerikan. Kami beruntung tiba di sini pukul 5.30 sore dan hari sudah mulai gelap, jadi kami tak menyadari sepenuhnya apa yang terjadi. Tapi melihat peti-peti jenazah mengambang di laut, itu sungguh mengejutkan!” ujar Clara, seorang warga setempat yang sejumlah kerabatnya dimakamkan di area pemakaman tersebut.

Para petugas tengah mengangkat peti jenazah yang mengambang di laut, menyusul longsornya sebuah tebing pemakaman di Riviera Italia, Italia pada Senin malam (22/2). (Sumber: AP Photo)

Menurut media setempat, sebanyak 10 jenazah telah ditemukan dan 5 di antaranya telah diidentifikasi. Sekitar 20 peti mati lain yang mengambang juga berhasil diselamatkan.

Operasi penyelamatan peti-peti jenazah tersebut hingga kini masih terus dilakukan. Para petugas harus berhati-hati akan adanya ancaman longsor susulan, mengingat area di sekitar tebing tersebut masih tidak stabil.

Baca Juga: Peti Mati Ramah Lingkungan Yang Diminati Negara-negara Di Eropa

Sebelum longsor terjadi, pihak terkait tengah melakukan sejumlah perbaikan untuk menstabilkan area di sekitar makam. Namun, apa daya, longsor akhirnya terjadi.

Area pemakaman kini ditutup bagi umum dan tidak dilaporkan adanya korban dalam insiden longsor tersebut.

Puluhan peti jenazah yang berhamburan berantakan di dasar tebing menyusul longsornya sebuah tebing pemakaman di Riviera Italia, Italia pada Senin malam (22/2). (Sumber: AP Photo)

Longsor diyakini terjadi karena erosi di bagian bawah tebing, yang diperparah dengan sejumlah badai besar yang menghantam pesisir tersebut selama beberapa tahun belakangan.

Penulis : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU