Kompas TV internasional kompas dunia

Indahnya Semburan Lava Letusan Gunung Etna di Sisilia, Italia

Kompas.tv - 23 Februari 2021, 22:40 WIB
indahnya-semburan-lava-letusan-gunung-etna-di-sisilia-italia
Semburan lava pijar Gunung Etna di Sisilia, Italia, tampak mengalir di lereng gunung pada Selasa (23/2). (Sumber: AP Photo / Salvatore Allegra)
Penulis : Vyara Lestari

ROMA, KOMPAS.TV – Letusan Gunung Etna, dengan lelehan lava yang menerangi langit Sisilia beberapa hari belakangan, terlihat sangat indah. Keindahannya memukau para pakar gunung api yang meneliti aktivitas gunung api paling aktif di Eropa tersebut.

Selama lebih dari seminggu, Gunung Etna telah menyemburkan lava, abu dan bebatuan vulkanik secara teratur. Bandara terdekat, bandara Catania, ditutup sementara. Para penduduk kota Pedara menyatakan, pekan lalu Gunung Etna sempat menyemburkan hujan batu, dan abu tebal menyelimuti kota tersebut.  

Baca Juga: Hilang Sejak Awal Bulan saat Mendaki Gunung K2, Tiga Pendaki Ini Dinyatakan Tewas

Pada Senin malam (22/2) waktu setempat, Gunung Etna mengeluarkan sebuah letusan besar dan menyebabkan semburan ke udara setinggi beberapa kilometer.

Gunung Etna di Sisilia, Italia, mengeluarkan semburan abu vulkanik setinggi beberapa kilometer ke udara pada Senin malam (22/2). (Sumber: AP Photo / Salvatore Allegra)

Menurut Institut Nasional Geofisika dan Vulkanologi Italia, letusan terbaru gunung ini telah mereda pada Selasa (23/2), seperti dilansir dari Associated Press.

Baca Juga: Lava Gunung Semeru Menumpuk, Luncuran Awan Panas Mengancam

Lava pijar mengalir dari Gunung Etna di Sisilia, Italia, pada Selasa dinihari (23/2). (Sumber: AP Photo / Salvatore Allegra)

Pakar gunung api Boris Behncke dari pusat observasi Gunung Etna di institut tersebut, yang telah mengikuti aktivitas letusan Gunung Etna, terpukau. Dalam laman situs institut pekan ini, ia menulis, “Setelah memberi momen-momen penuh ketegangan selama beberapa malam sebelumnya, Etna akhirnya meletus dengan indah, dengan cara yang sangat jarang dilihat oleh mereka yang bekerja di bidang ini selama puluhan tahun.”

Lava mengalir di lereng Gunung Etna dekat kota Catania di Sisilia, Italia pada Selasa dinihari (23/2). (Sumber: AP Photo / Salvatore Allegra)

Pada Selasa (23/2), Behncke juga mengungkapkan kekagumannya akan letusan Etna lewat cuitan di akun Twitternya. “Apakah saya telah menyebut aktivitas letusan #Etna pada 20 – 21 Februari sebagai ‘sangat luar biasa’? Well, letusan sehari setelahnya, pada malam 22 – 23 Februari, sungguh SANGAT luar biasa!”

Baca Juga: Pengakuan Sopir Avanza yang Tersesat di Gunung Putri: Lihat Jurang, Jalan Bagus dan Banyak Lampu

Sejauh ini, tidak dilaporkan adanya kerusakan maupun korban akibat letusan Gunung Etna.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.