> >

Situasi di Inggris Masih Berbahaya, PM Johnson Mundurkan Pembukaan Sekolah

Kompas dunia | 28 Januari 2021, 01:10 WIB
Perdana Menteri Inggris Boris Johnson. (Sumber: Associated Press)

LONDON, KOMPAS.TV – Pada Rabu (27/1/2021), Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengindikasikan bahwa lockdown di Inggris akan tetap berlangsung hingga setidaknya pada 8 Maret mendatang. Karena itu, rencana pembukaan sekolah yang semula dijadwalkan pada pertengahan Februari, otomatis ikut mundur karena perpanjangan lockdown.

Dalam sebuah pernyataan kepada anggota parlemen, Johnson juga mengonfirmasi pembatasan baru bagi pendatang yang tiba di Inggris dari negara-negara yang beresiko.

Dia mengatakan, saat ini Inggris masih dalam "situasi berbahaya" dengan lebih dari 37.000 pasien dirawat di rumah sakit karena Covid-19. Jumlah ini hampir dua kali lipat dari jumlah selama puncak pandemi sebelumnya, yaitu pada bulan April 2020.

Baca Juga: Kematian Akibat Covid-19 di Inggris Tembus 100 Ribu Jiwa, Boris Johnson: Tanggung Jawab Saya

Sekolah yang seharusnya akan dibuka pada pertengahan Februari, akan diundur hingga 8 Maret. Namun demikian, 8 Maret juga masih merupakan target, dan pembukaan sekolah masih bergantung pada kemajuan di bidang vaksinasi.

“Tanda pertama normalitas mulai kembali adalah siswa kembali ke ruang kelas mereka,” katanya seperti dikutip dari the Associated Press.

Sekolah-sekolah di Inggris kini ditutup untuk semua siswa, kecuali untuk anak-anak dari pekerja kunci seperti dokter dan supir pengiriman. Hal yang sama juga berlaku di Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Johnson mengatakan dia berharap pada 15 Februari, empat kelompok paling rentan akan mendapatkan suntikan vaksin pertama mereka, yang akan memberi mereka tingkat kekebalan dalam waktu tiga minggu.

“Oleh karena itu, kami berharap akan aman untuk memulai pembukaan kembali sekolah mulai Senin, 8 Maret dengan pencabutan pembatasan ekonomi dan sosial lainnya setelah data memungkinkan,” katanya.

Baca Juga: Virus Varian Baru dari Inggris Kemungkinan Lebih Mematikan!

Penulis : Tussie-Ayu

Sumber : Kompas TV


TERBARU