> >

Detik-Detik Terakhir di Gedung Putih, Trump: Semoga Bukan Selamat Tinggal Untuk Waktu yang Lama

Kompas dunia | 21 Januari 2021, 03:33 WIB
Trump mengepalkan tangan ketika berada di detik-detik terakhir keberadaannya di Gedung Putih. Ia meninggalkan Gedung Putih dengan helikopter Marine One untuk menuju kediamannya di Mar-a-Lago, Florida, Rabu (20/1/2021). (Sumber: Associated Press)

WASHINGTON, KOMPAS.TV – Mantan Presiden AS Donald Trump mengukir sejarah dengan menjadi satu-satunya Presiden AS yang tidak menghadiri pelantikan Presiden AS yang menggantikannya.

Trump meninggalkan Gedung Putih beberapa jam sebelum pelatikan Joe Biden. Ketika menuju helikopter Marine One yang mengantarkannya untuk meninggalkan Gedung Putih, ia mengatakan, “Saya ingin mengatakan selamat tinggal, tapi semoga bukan selamat tinggal untuk waktu yang lama. Kita akan segera bertemu lagi, terima kasih banyak,”.

Baca Juga: Tak Disambut Legawa oleh Trump, Biden: “Demokrasi Telah Menang!”

Trump dan istrinya, Melania Trump, kemudian meninggalkan Gedung Putih dengan Marine One pada pukul 09.00 pagi waktu setempat, dengan diiringi lagu My Way karya Frank Sinatra.

Trump juga menggelar upacara perpisahan di Pangkalan Militer Andrews. Dalam upacara ini, ditampilkan penghormatan dengan penembakan 21 senjata dan marching band militer yang memainkan lagu “Hail to the Chief”.

Ia pun menyampaikan pidato tentang empat tahun kepemimpinannya selama sembilan menit.

"Kami akan kembali dalam beberapa bentuk," ujarnya.

“Semoga hidupmu menyenangkan dan kami akan segera menemuimu," katanya.

Baca Juga: Jelang Pelantikan Joe Biden Jadi Presiden Amerika Serikat, Trump Berikan Pidato Perpisahan

Keluarganya terlihat hadir dalam upacara perpisahan ini. Anak-anaknya bahkan terlihat emosional dan meneteskan air mata ketika mendengar pidato perpisahan Trump.

Penulis : Tussie-Ayu

Sumber : Kompas TV


TERBARU