> >

Kasus Covid-19 Meningkat, Jepang Pertimbangkan Umumkan Status Darurat

Kompas dunia | 3 Januari 2021, 11:24 WIB
Salah satu restoran di kawasan Shibuya Tokyo Jepang. (Sumber: Andylala)

TOKYO, KOMPAS.TV - Jepang dikabarkan bakal mempertimbangkan status darurat karena meningkatnya kasus Covid-19 di negara tersebut.

Gubernur Tokyo, Saitama, China dan Kanagawa telah mengajukan permohonan tersebut, Sabtu (2/1/2021).

Gubernur Tokyo, Yuriko Koike mengungkapkan tingginya kasu di empat perfektur telah menambah beban pada sistem perawatan kesehatan.

Baca Juga: Bantah Berikan Ancaman Mati pada Donald Trump, Iran: Cara Pengecut Itu Mereka yang Gunakan

Bahkan hal itu terjadi di tengah seruan pada warga dan bisnis untuk mengambil tindakan guna mencegah penyebaran infeksi.

Koike mengungkapkan sangat penting untuk mengambil banyak langkah untuk mengekang pergerakan orang, sehingga permintaan status darurat sangat diperlukan.

Sementara itu, Menteri Ekonomi Jepang, Yasutoshi Nishimura mengungkapkan pemerintah memerlukan pendapat ahli untuk menentukan perlu tidaknya membuat status darurat.

Baca Juga: Inggris Hapus Pajak Pembalut Wanita

“Kami telah mengakui bahwa keempat prefektur berada dalam situasi gawat, yang membutuhkan status darurat,” ujar Nishimura dikutip dari Japan Times.

Nishimura mengungkapkan selama pemerintah pusat mendiskusikan langkah selanjutnya, sementara pemerintah daerah diminta segera menerapkan langkah-langkah sendiri yang lebih kuat.

Penulis : Haryo-Jati

Sumber : Kompas TV


TERBARU