Kompas TV internasional kompas dunia

Inggris Hapus Pajak Pembalut Wanita

Kompas.tv - 3 Januari 2021, 06:00 WIB
inggris-hapus-pajak-pembalut-wanita
Menteri Keuangan Rishi Sunak berkomitmen untuk mengakhiri pajak atas produk sanitasi wanita, tetapi perubahan tersebut hanya berlaku pada Jumat 1 Jan 2021, setelah Inggris akhirnya meninggalkan Uni Eropa. (Sumber: AP Photo/Kirsty WIgglesworth)
Penulis : Edwin Shri Bimo

LONDON, KOMPAS TV - Inggris pada Jumat (01/01/2021) menjadi negara terbaru yang menghapus apa yang disebut "pajak tampon", yang menghapus pajak penjualan atas produk sanitasi wanita. Langkah itu dipuji secara luas oleh para pendukung hak-hak perempuan serta pendukung keluarnya Inggris dari Uni Eropa, demikian dilansir Associated Press Minggu (03/01/2021)

Menteri Keuangan Rishi Sunak berkomitmen untuk mengakhiri pajak yang sangat tidak populer pada tampon dan pembalut dalam anggarannya pada Maret, tetapi perubahan itu hanya bisa berlaku Jumat setelah Inggris akhirnya meninggalkan orbit ekonomi Uni Eropa.

Berdasarkan undang-undang Uni Eropa, pembalut dianggap barang mewah sehingga pembeli harus membayar pajak pertambahan nilai PPN dan negara anggota tidak dapat menurunkan tarif PPN pada produk menstruasi di bawah 5% karena dianggap sebagai barang mewah dan tidak penting.

Baca Juga: Brexit Resmi Dilakukan, PM Inggris Boris Johnson Ungkapkan Perasaannya

Irlandia adalah satu-satunya negara UE yang tidak mengenakan pungutan pada produk sanitasi karena tarif pajak nolnya diberlakukan sebelum UE menetapkan batas dasarnya.

“Produk saniter itu penting, jadi sudah sewajarnya kami tidak mengenakan PPN,” kata Sunak. “Kami telah meluncurkan produk saniter gratis di sekolah, perguruan tinggi, dan rumah sakit dan komitmen ini membawa kami selangkah lebih dekat untuk membuatnya tersedia dan terjangkau bagi semua wanita.”

Inggris secara resmi meninggalkan pasar tunggal besar blok itu untuk orang, barang, dan jasa pada pukul 11 malam. Waktu London pada hari Kamis, memberikan ruang lingkup yang lebih besar untuk menetapkan hukumnya sendiri.

Baca Juga: Inggris Resmi Cerai dari Uni Eropa

Kesepakatan perdagangan Inggris-UE yang baru akan membawa pembatasan dan birokrasi baru, tetapi bagi pendukung Brexit Inggris, itu berarti merebut kembali kemerdekaan nasional dari UE dan aturannya.

Mereka menunjuk pada penghapusan pajak tampon sebagai perubahan positif awal dari Brexit.

Perbendaharaan Inggris sebelumnya memperkirakan langkah itu akan menyelamatkan rata-rata wanita hampir 40 pound ($ 55) selama hidupnya.

“Ini jalan yang panjang untuk mencapai titik ini, tapi akhirnya, pajak seksis yang melihat produk saniter digolongkan sebagai barang tidak penting, barang mewah dapat dimasukkan ke dalam buku sejarah,” kata Felicia Willow, kepala Fawcett Society, sebuah hak perempuan. amal.

Banyak negara lain juga telah menghapus pajak tampon, termasuk Australia, Kanada, dan India. Di Amerika Serikat, beberapa negara bagian termasuk New York dan Florida juga menolak untuk memberlakukan pajak itu.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x