> >

Kim Jong-Un Diyakini Sudah Tahu Rencana Penembakan Pejabat Korea Selatan di Korea Utara

Kompas dunia | 27 September 2020, 15:30 WIB
Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menghadiri acara pembukaan pabrik pupuk, di sebuah wilayah di utara Ibu Kota, Pyongyang. Kantor Berita Korea Utara (KNCA) merilis foto tersebut. (Sumber: KCNA via Reuters )

WASHINGTON, KOMPAS.TV -  Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un telah meminta maaf atas tindakan pihaknya yang menembak dan membakar jasad pejabat Korea Selatan.

Namun menurut pelarian Korea Utara, Hyun Seung-lee, tak mungkin Kim Jong-un tak tahu mengenai rencana penembakan tersebut.

Hyung Seung-lee yang kini tinggal dan bekerja di Washington DC, Amerika Serikat (AS) menegaskan Kim Jong-un pasti tahu mengenai situasi sebelum pembunuhan brutal itu terjadi.

Baca Juga: Azerbaijan dan Armenia Kembali Bentrok, 2 Helikopter Ditembak Jatuh

“Semua keputusan besar berada di tangan Kim, bisa jadi juga berasal dari adik perempuannya, Kim Yo-jong,” tutur Hyun Seung-lee kepada UPI.

“Saat ini, pihak militer pasti melapor kepada atasannya, mendapatkan keputusan dan meneruskannya dengan eksekusi,” tambahnya.

Menurut Hyung Seung-lee, militer Korea Utara mengambil tindakan drastis tersebut karena sistem insentif yang berfungsi untuk menghargai tindakan seperti itu.

Baca Juga: Kejam, Istri Mantan Pemain Timnas Turki Sewa Pembunuh Bayaran untuk Habisi Nyawa Suaminya

Hyung Seung-lee pun membandingkan dengan apa yang terjadi kepada Park Wang-ja, turis Korea Selatan yang ditembak prajurit Korea Utara di Gunung Kumgang.

Ketika Park Wang-Ja meninggal di 2008, sang penembak mendapatkan kompensasi dan menerima medali kehormatan.

Penulis : Haryo-Jati

Sumber : Kompas TV


TERBARU