> >

Punya Kucing dan Anjing di Rumah, Jangan Takut Lakukan Steril, Ahli: Hidup Hewan Lebih Sejahtera

News | 7 Agustus 2021, 13:15 WIB
Ilustrasi kucing yang tengah dicek kesehatannya. (Sumber: Kompas TV/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Siapa kira jika steril hewan peliharaan seperti kucing dan anjing tak bermanfaat.

Namun, para ahli punya pendapat sebaliknya yang menyebut bahwa steril pada kucing dan anjing justru dapat membuat hidup hewan peliharaan itu lebih sejahtera. 

Hal ini seperti yang diutarakan Novi Wulandari, seorang dokter hewan yang juga anggota Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). 

“Kalau misalnya tidak disteril, lalu dia kawin dan beranak. Seringkali yang terjadi pemilik hewan peliharaan bingung ketika sudah lahiran. Ini kitten atau pupies-nya harus diapakan. Karena kebanyakan dan kewalahan akhirnya malah di buang ke pasar. Ini kan jadinya menelantarkan, tidak mendukung kesejahteraan hewan. Jadi tentu lebih baik disteril,” kata dokter Novi dalam konferensi pers virtual seperti dikutip dari Antara, Sabtu (7/8/2021). 

Baca Juga: Hobi Unik, Kucing Ras Bikin Cuan

Menurutnya, meski hewan peliharaan seperti anjing dan kucing disterilkan, anak-anak bulu tetap dapat melakukan kawin.

Sehingga itu tidak dapat menjadi alasan pemilik hewan peliharaan merasa “kasihan” dan urung untuk mengambil tindakan steril.

"Dengan steril, tentunya pemilik ikut andil dalam gerakan pengendalian populasi hewan sehingga para hewan kesayangan bisa mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik dengan pengasuhan dan perawatan yang optimal," papar dia. 

Baca Juga: Misteri di Balik Anjing Dan Kucing yang Jarang Akur

Terpisah, Ryan Delon, seorang artis yang juga salah satu pemilik dan pecinta anjing juga sependapat untuk mensterilkan anak- anak bulu kesayangannya agar mereka dapat sejahtera.

Penulis : Gading-Persada

Sumber : Antara


TERBARU