> >

Ramai Soal Microsleep Usai Kecelakaan Vanessa Angel, Apa Bahayanya?

Tips, trik, dan tutorial | 6 November 2021, 05:59 WIB
Ilustrasi microsleep yang diperbincangkan pasca kecelakaan lalu lintas yang menewaskan Vannesa Angel dan suaminya Febri Andriansyah. (Sumber: duinewsblog.org via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Istilah microsleep kini tengah ramai usai kecelakaan artis Vanessa Angel dan suamninya, Febri 'Bibi' Andriansyah, Kamis (6/11/2021).

Vanessa Angel dan sang suami pun meninggal dunia di lokasi kejadian tepatnya di jalan tol Nganjuk arah Surabaya tersebut.

Dalam keterangan polisi, kecelakaan tersebut diduga terjadi karena sopir mengantuk. Inilah salah satu yang dapat dipelajari dari kecelakaan Vanessa Angel, yakni microsleep.

Microsleep diduga menjadi salah satu penyebab kecelakaan fatal. Umumnya terjadi di jalan bebas hambatan seperti jalan tol.

Untuk mencegah hal ini terjadi dan menghindari kejadian yang tidak diinginkan, ada baiknya memahami apa itu microsleep.

Baca Juga: Roy Suryo Bongkar Analisis Instastory Sopir Vannesa Angel, Segini Kecepatan Mobil sebelum Kecelakaan

Apa itu microsleep?

Melansir Healthline, Sabtu (6/11/2021), microsleep adalah istilah yang digunakan untuk penyebut periode tidur yang berlangsung dalam hitungan detik. Bahkan, orang yang mengalami microsleep kerap tidak menyadarinya.

Parahnya lagi, microsleep bisa terjadi di mana saja, di tempat kerja, sekolah, saat menonton TV, dan bahkan saat berkendara atau mengoperasikan mesin.

Saat tubuh dalam keadaan microsleep, beberapa ahli meyakini bahwa sebagian otak kita tertidur, sementara bagian lain otak tetap terjaga.

Penyebab microsleep

Umumnya, microsleep disebabkan oleh kurang tidur atau tidak mendapatkan kualitas tidur yang cukup karena beberapa hal, seperti insomnia atau harus lembur hingga larut malam.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Gading-Persada

Sumber : Healthline


TERBARU