> >

Tips Memilih Bra yang Cocok Menurut Pakar

Tips, trik, dan tutorial | 13 Oktober 2021, 18:43 WIB
Memilih bra. Masalah yang umum terjadi pada perempuan adalah tidak mengenakan bra dengan ukuran yang tepat. (Sumber: pixabay.com)

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV – Mengenakan bra atau kutang tidak meningkatkan atau mengurangi risiko kanker payudara. Demikian pula dengan kendur atau kencangnya payudara, tidak dipengaruhi oleh pemakaian bra.

Hal itu disampaikan oleh spesialis kesehatan payudara Cassann Blake, seperti dilansir Cleveland Clinic.

Meskipun mengenakan bra atau tidak memakai bra tidak berkorelasi langsung dengan kanker payudara atau payudara kendur, tak jarang perempuan salah dalam memakai bra.

Dr Blake menyebut, masalah yang umum terjadi pada perempuan adalah tidak mengenakan bra dengan ukuran yang tepat.

“Banyak wanita memakai ukuran bra yang salah. Saat Anda mengenakan ukuran yang salah, terutama jika Anda mengenakan bra berkawat, itu bisa menyakitkan karena kawat tidak berada di lokasi yang tepat. Hal lain adalah bahwa wanita dapat menambah atau menurunkan berat badan dan masih memakai bra favorit mereka. Pada saat itu, bra bukan lagi ukuran cup atau panjang pita yang tepat untuk mereka.”

Untuk mencegah kemungkinan masalah kecocokan, Blake menyarankan untuk memilih bra yang tepat di department store atau toko pakaian dalam.

Baca Juga: Mengapa Gerakan 'No Bra Day' Justru Dianggap Mengobjektifikasi Perempuan

Kesalahan lain yang sering dilakukan oleh perempuan adalah tidak memakai bra yang cocok untuk aktivitasnya.

Bra yang digunakan sehari-hari tidak cocok dikenakan saat berolahraga. Dr Blake merekomendasikan mengenakan bra yang mendukung tingkat aktivitas.

“Anda mungkin tidak ingin mengenakan bra olahraga dengan banyak penyangga saat Anda menonton TV secara berlebihan. Tetapi jika Anda sedang berlari, dapatkan bra dengan penyangga yang lebih baik, terutama jika Anda memakai ukuran cup yang lebih besar.”

Penulis : Kurniawan Eka Mulyana Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV


TERBARU