> >

Lesti Kejora Kembali pada Rizky Billar, Yenny Wahid: NU Women Siap Berikan Konseling

Selebriti | 16 Oktober 2022, 11:22 WIB
Ilustrasi. Yenny Wahid mewanti-wanti agar korban KDRT tidak terjebak dalam lingkaran setan (Sumber: KOMPAS.com/Deti Mega Purnamasari)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Organizing Comittee (OC) NU Women, Zannuba Ariffah Chafsoh atau Yenny Wahid kaget saat mengetahui penyanyi Lesti Kejora memutuskan kembali ke pelukan suaminya, Rizky Billar meskipun sudah mendapatkan tindak kekerasan.

Menurut Yenny, hampir 50 persen korban KDRT akan kembali kepada pelaku karena beberapa faktor, mulai dari ketergantungan secara finansial dan emosional sampai ketakutan kalau harus memulai hidup baru sendiri.

“Sehingga, korban tersebut lebih memilih untuk menoleransi perlakuan kasar yang didapatkannya, kekerasan yang didapatkannya daripada mengambil risiko untuk hidup sendiri, apalagi kalau punya anak. Nah, pasti ada perasaan ini bapaknya anakku," kata Yenny Wahid di Jakarta, Minggu (16/10/2022) dilansir Antara.

Namun, Yenny menegaskan kekerasan dalam suatu hubungan tetap tidak bisa ditoleransi sehingga korban harus berani untuk memutus mata rantai kekerasan tersebut.

Baca Juga: Lesti Kejora Dituding Ngeprank Rakyat Indonesia, Tsamara Amany: Gue Gak Setuju

Oleh karena itu, ia menilai korban KDRT perlu mendapatkan konseling pendampingan dengan syaratnya bersedia didampingi.

Pihak keluarga pun harus mendukung dan mengarahkan agar korban mau didampingi.

"Yang paling penting adalah korban KDRT harus diberikan pendampingan itu tadi. Memberikan ruang bagi mereka untuk bisa berpikir jernih dan dibimbing supaya tidak takut menghadapi risiko-risiko ke depan,” papar dia.

Yenny khawatir, jika tidak dilakukan konseling, maka lingkaran kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) akan terus berulang. 

Untuk menyikapi hal ini, NU Women bekerja sama dengan Kementerian PPPA akan menyelenggarakan program pendampingan di sejumlah pondok pesantren.

Penulis : Dian Nita Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV, Antara


TERBARU