> >

Setelah Fight Club, Kini China Ubah Akhir Cerita Film Minions

Film | 23 Agustus 2022, 14:08 WIB
Gru, diapit oleh Minions-nya dalam versi internasional film tersebut. (Sumber: Illumination Entertainment/AP)

BEIJING, KOMPAS.TV - Lembaga sensor film China mengubah ending dari film animasi "Minions: The Rise of Gru", untuk rilis domestiknya minggu lalu. 

Tindakan itu dianggap sebagai contoh lain dari otoritas Negeri Panda yang gemar mengedit film Hollywood populer demi tujuan politis.

Netizen di China, yang membicarakannya via platform Weibo, mengaku kecewa atas kejadian ini.

Seperti diwartakan The Guardian pada Senin (21/8/2022), lembaga sensor film China menambahkan cerita: Wild Knuckles, karakter utama dengan peran pencuri, ditangkap oleh polisi dan menjalani 20 tahun penjara.

Sementara Gru, tokoh konspirator pencurian Wild Knuckles, "kembali ke keluarganya" dan " memiliki pencapaian terbesar sebagai ayah bagi ketiga gadisnya."

Padahal, versi asli menunjukkan Gru dan Wild Knuckles berkuda bersama, setelah Knuckles memalsukan kematiannya sendiri, demi menghindari penangkapan dari pihak berwenang.

Baca Juga: Jadi Film Bahasa Sunda Pertama di Indonesia, "Before Now & Then" Pecahkan Rekor MURI

Banyak warganet mengejek penambahan cerita tersebut, menyebut editan lembaga sensor China seperti presentasi power-point.

DuSir, penerbit ulasan film online dengan 14,4 juta pengikut di Weibo, mencatat film Minions versi China berjalan satu menit lebih lama dari versi internasional. 

"Hanya kita yang membutuhkan bimbingan dan perhatian khusus, karena takut kartun akan 'merusak' kita," tulis DuSir, Sabtu (20/8).

Penulis : Rofi Ali Majid Editor : Purwanto

Sumber : The Guardian


TERBARU