> >

Ingin Memulai Hari Senin dengan Lebih Bersemangat? Simak Cara Mengatasi Demotivasi Kerja

Lifestyle | 10 Oktober 2021, 19:31 WIB
Ilustrasi demotivasi, yakni kondisi di mana seseorang kehilangan semangat kerja dan hal ini sering terjadi jelang hari Senin ketika libur akhir pekan akan segera usai. (Sumber: Pexels/Andrea Piacquadio)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Demotivasi merupakan kondisi yang ditandai dengan hilangnya gairah dan semangat kerja dalam diri seseorang.

Contohnya, jelang hari Senin ketika libur akhir pekan segera usai. Banyak orang yang merasa belum siap untuk mulai bekerja kembali.

Psikolog Graheta Rara Purwasono menuturkan, demotivasi dapat terjadi pada siapa saja dengan berbagai macam alasannya masing-masing.

"Demotivasi tidak terjadi tanpa alasan. Makanya, walaupun terkesan sulit untuk bangkit dari demotivasi, tapi masalah ini sebetulnya bisa diatasi," kata Graheta dalam keterangan resmi yang dikutip dari Antara, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga: Pelajar Catat Ya! Ini 10 Rumus Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

Graheta menegaskan, penting bagi setiap orang untuk keluar dari lingkaran demotivasi karena keadaan tersebut dapat menghambat produktivitas dan performa kerja.

Apa yang Dilakukan Ketika Demotivasi?

Lebih lanjut, Graheta menyebutkan, setidaknya ada empat cara yang bisa dicoba untuk membantu proses bangkit dari demotivasi. Apa saja?

Cari penyebab demotivasi

Pertama dan yang paling utama yakni seseorang mesti mencari tahu apa yang menyebabkan dirinya mengalami demotivasi.

"Apakah karena terlalu sering lembur dan beban kerja yang luar biasa besar? Atau mungkin karena merasa tidak nyaman dengan rekan kerja dan atasan?" ujar Graheta.

Baca Juga: Terjebak dalam "Hustle Culture", Budaya Gila Kerja yang Sama Sekali Tidak Keren

Isi ulang energi dengan memanjakan diri

Penulis : Aryo Sumbogo Editor : Fadhilah

Sumber : Antara


TERBARU