> >

Soal Kasus Dugaan Penipuan CPNS Anak Nia Daniaty, Nama Anies Baswedan Dicatut, Kok Bisa?

Selebriti | 2 Oktober 2021, 08:45 WIB
Nia Daniaty dan anaknya, Olivia Nathania. Nama Anies Baswedan dicatut dalam kasus dugaan penipuan CPNS yang dilakukan oleh Olivia Nathania. (Sumber: Instagram/@niadaniaty)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dicatut dalam kasus dugaan penipuan CPNS yang diduga dilakukan oleh anak Nia Daniaty, Olivia Nathania, dan suaminya, Rafly Noviyanto Tilaar.

Salah satu dari 225 korban dari kasus dugaan penipuan CPNS, Jadit, mengaku menerima link Zoom dari Olivia Nathania untuk mengikuti proses pelantikan virtual oleh Anies Baswedan.

“Pelantikan itu berlangsung 8 April 2021. Oli (panggilan Olivia Nathania) berkilah pelantikan dilakukan secara virtual karena pandemi Covid-19. Peserta pun hanya mengikuti sesi zoom meeting selama 3 menit,” kata Jadit, dikutip dari Tribun Seleb, Sabtu (2/10/2021).

Baca Juga: Buka Pintu Damai, Korban Dugaan Penipuan CPNS Anak Nia Daniaty Berikan Syarat Damai, Apa Itu?

Berdasarkan penuturan Jadit, pelantikan bodong yang mencatut nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan tersebut dihadiri 100 perserta.

Jadit mengikuti rekrutmen CPNS jalur prestasi untuk jabatan PNS di Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik DKI Jakarta.

Dalam pelantikan bodong tersebut, terdapat gambar audiovisual Anies Baswedan yang mengucapkan selamat kepada para CPNS.

Kala itu korban tidak menyadari jika gambar audiovisual Anies Baswedan hanyalah video mirroring yang diberikan host, seolah-olah sang Gubernur benar-benar melantik para korban.

“Jadi seolah-olah tengah dilantik. Saya enggak tahu itu hanya rekaman atau asli, tapi saya dapat link Zoom-nya dan bersama 100 peserta lainnya,” jelas Jadit.

Pelantikan bodong tersebut terlihat meyakinkan karena dilakukan dengan cara yang terstruktur. Bahkan, ada pembukaan hingga menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Gading-Persada

Sumber : Tribun Seleb


TERBARU