> >

Hari Valentine, Ternyata Ada Kisah Tragis di Balik Hari yang Identik dengan Cinta dan Kasih Sayang

Lifestyle | 14 Februari 2021, 13:33 WIB
Ilustrasi surat untuk kado Hari Valentine. (Sumber: Pixabay/Pezibear)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Di balik romantisnya Hari Valentine, ternyata ada kisah tragis dibalik Hari Kasih Sayang ini.

Kisah tragis ini berkaitan dengan sejarah Hari Valentine itu sendiri yang memiliki sejumlah versi tersendiri. Namun, kisah yang paling populer di masyarakat adalah kisah seorang uskup bernama Santo Valentine yang meninggal pada 14 Fabruari.

Meninggalnya Santo Valentine ini bermula saat Kaisar Claudius II yang memimpin Rmawi pada abad ketiga Masehi memutuskan untuk membuat kebijakan wajib militer kepada para pemuda di sana.

Menurutnya, pria yang berkontribusi menjadi tentara lebih baik daripada mereka menikah dan berkeluarga. Ia pun melarang adanya pernikahan bagi pemuda-pemuda untuk menjalani wajib militer.

Baca Juga: Dinas Pendidikan Kota Depok Larang Siswa Rayakan Hari Valentine, Ini 5 Poin Utamanya

Santo Valentine yang tak sepakat dengan kebijakan Kaisar Claudius II pun diam-diam tetap melakukan penikahan bagi pemuda. Kedapatan melakukan tindakan yang dilarang, Santo Valentine pun ditangkap dan dijebloskan ke penjara. Ia juga diancam hukuman mati oleh Kaisar Claudius II.

Selama di Penjara, Santo Valentine menjalani harinya dengan merawat narapidana lain dan putri seorang sipir yang buta. Ia berhasil menyembuhkan kebutaan sang putri sebelum kematiannya.

Sebelum dieksekusi, Valentine menuliskan sebuah surat cinta yang bertandatangan “from your Valentine”.

Beberapa abad setelahnya, tepatnya dua ratus tahun setelah kematian Santo Valentine, Paus Gelasius I pun memberikan menghormatan kepada Valentine dengan menetapkan 14 Februari sebagai peringatan kematian Valentine.

Baca Juga: Di Rumah Saja, Ini 5 Rekomendasi Kegiatan Virtual yang Bikin Hari Valentine Makin Romantis

Penulis : Fiqih-Rahmawati

Sumber : Kompas TV


TERBARU