> >

Hari Kanker Sedunia, Ini Cara Lakukan Gerakan SADARI untuk Deteksi Kanker Payudara

Lifestyle | 4 Februari 2021, 14:11 WIB
Hari Kanker Sedunia, lakukan SADARI untuk mendeteksi kanker payudara lebih dini. (Sumber: Shutterstock via Kompas.com)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Kamis (4/2/2021) merupakan Hari Kanker Sedunia yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kanker.

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan, kanker menjadi penyebab kematian ketiga setelah jantung dan stroke.

Kanker sendiri dibagi ke dalam tiga kelompok, yakni wanita, pria dan anak. Kanker yang sering menyerang wanita adalah kanker payudara dan kanker servik.

Kanker yang banyak menyerang pria adalah kanker paru dan kolorektal, sementara anak-anak, kanker darah atau leukimia cukup sering ditemukan pada anak-anak.

Baca Juga: Bantu Anak Penderita Kanker, Komunitas Ini Buka Jasa Cukur Rambut dan Bayar Seikhlasnya

Data dari tahun 2018 menunjukkan bahwa terdapat 207.2010 kematian akibat kanker, sementara untuk jumlah kematian akibat kanker sedunia terdapat 9,6 juta.

Kanker payudara menjadi salah satu kanker yang rentan menyerang wanita. Sayangnya, sebagian besar pasien kanker payudara datang berobat saat sudah di fase stadium lanjut.

Jika kanker bisa dideteksi sejak dini dan bisa ditangani lebih cepat, kanker disebut bisa dikalahkan. Oleh karenanya, penting untuk melakukan deteksi dini kanker payudara, salah satunya dengan periksa payudara sendiri (SADARI).

Dikutip dari Yayasan Kanker Indonesia, SADARI yang bisa dilakukan 3-5hari setelah menstruasi. Hal ini karena adanya perubahan tingkat hormon saat menstruasi yang membuat payudara lebih kencang dan padat.

Baca Juga: Bahaya! Air Rendaman Batu Meteorit yang Ramai Diburu Warga Bisa Picu Kanker

Penulis : Fiqih-Rahmawati

Sumber : Kompas TV


TERBARU