> >

Ahmad Dhani Ungkap Susahnya Bikin Lagu jadi Terkenal, Ini Triknya

Musik | 29 November 2020, 18:36 WIB
Ahmad Dhani saat berbicara tentang Dewa 19 dalam vlog VIDEO LEGEND. (Sumber: YouTube/VIDEO LEGEND)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Musisi Ahmad Dhani menerangkan dalam proses pembuatan lagu, yang paling sulit adalah membuat lagu itu menjadi terkenal. 

Pentolan Dewa 19 ini mengatakan, untuk membuat sebuah lagu menjadi terkenal, maka perlu lirik yang baik dan bisa menyentuh perasaan masyarakat.

Hal ini diungkap Ahmad Dhani dalam akun YouTube Video Legend, Minggu (29/11/2020). Ahmad Dhani belajar dari pengalamannya membuat lagu selama ini.

"Ngomong-ngomong soal membuat lagu, membuat lagu itu gampang, yang sulit itu membuat lagu itu jadi terkenal, itu yang susah. Menjadikan lagu terkenal itu yang susah, untuk menjadikan lagu itu terkenal dibutuhkan lirik yang baik," ujar Ahmad Dhani dalam akun YouTube Video Legend, Minggu (29/11/2020).

Baca Juga: Ahmad Dhani Ceritakan Trauma yang Dialami Safeea saat Dirinya Dipenjara

Ahmad Dhani pernah membuat lagu dengan nada yang bagus, tetapi karena lirik dalam lagu tersebut pesannya kurang mendalam, maka masyarakat kurang menikmati lagu tersebut.

"Kadang ada nadanya baik tapi kata-katanya kurang mengena. Itu terjadi pada lagu saya sendiri, banyak nada yang menurut saya bagus banget karena liriknya kurang ke masyarakat, jadinya kurang terkenal,” kata Ahmad Dhani.

Menurut Ahmad Dhani, lagu yang bagus adalah lagu yang punya lirik dengan pesan mendalam dan melodi yang bagus.

“Yang sulit itu membuat lagu terkenal, apalagi lagu rumit, ya itu relatif lebih mudah dibanding buat lagu yang bisa dikenal sama banyak apalagi buat lagu yang baik dengan cara melodius, liriknya baik dan dikenal masyarakat, itu lebih sulit lagi," tutur dia.

Baca Juga: Ahmad Dhani Berbagi Rahasia 11 Tahun Harmonis Bersama Mulan Jameela

Penulis : Dian-Septina

Sumber : Kompas TV


TERBARU