> >

Cara Pengajuan KUR Syariah Pegadaian 2023: Syarat dan Tabel Simulasi

Perbankan | 3 November 2023, 21:53 WIB
Ilustrasi pengajuan KUR Syariah di Pegadaian. (Sumber: Pegadaian.co.id)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Bagi para pengusaha mikro yang membutuhkan dana, tidak ada salahnya untuk mempertimbangkan pengajuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Syariah melalui PT Pegadaian (Persero). 

KUR Syariah Pegadaian sendiri merupakan opsi pembiayaan yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah untuk mendukung pengembangan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan prinsip-prinsip syariah. 

Produk pinjaman ini telah dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan UMKM tanpa melibatkan unsur bunga atau riba yang bertentangan dengan prinsip syariat Islam.

KUR Syariah Pegadaian tentu saja berprinsip pada aturan-aturan syariah, yang berarti bahwa tidak ada unsur riba yang terlibat dalam transaksi ini. Sebagai penggantinya, sistem bagi hasil atau akad-akad syariah lainnya digunakan untuk menentukan jumlah keuntungan yang akan diperoleh Pegadaian Syariah. 

Baca Juga: Cara Kirim Uang ke Luar Negeri Pakai Aplikasi BRImo

Menurut informasi dari laman resminya, KUR Syariah Pegadaian adalah bentuk fasilitas pinjaman yang diberikan kepada rahin (nasabah) yang memiliki usaha produktif, dengan tujuan pengembangan usaha dalam periode waktu tertentu berdasarkan akad rahn (gadai syariah). 

Plafon pinjaman dalam KUR Syariah Pegadaian bervariasi mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 10 juta per nasabah, dan plafon tersebut termasuk biaya pengelolaan (mu’nah) sebesar 3 persen per tahun.

Sementara itu, KUR Syariah Pegadaian menawarkan beragam jangka waktu pinjaman, mulai dari 12 bulan, 18 bulan, 24 bulan, hingga 36 bulan. 

 

Penulis : Gilang Romadhan Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU