> >

Ini Doa Qunut Salat Witir yang Dianjurkan Dibaca di 15 Hari Terakhir Bulan Ramadan

Amalan | 17 April 2022, 10:44 WIB
Ilustrasi. Berikut doa Qunut salat Witir yang dianjurkan dibaca di separuh terakhir bulan Ramadan (Sumber: freepik)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah Indonesia menetapkan 1 Ramadan 1443 Hijriah pada 3 April 2022, oleh karena itu hari ke-15 jatuh pada Minggu (17/4/2022).

Ada sejumlah doa yang dianjurkan untuk diamalkan di 15 hari terakhir bulan Ramadan. Salah satunya membaca Qunut saat salat Witir.

Imam al-Baihaqi dalam Ma’rifatus Sunan wal Atsar menegaskan bahwa Imam asy-Syafi’i menganjurkan pembacaan doa Qunut pada rakaat terakhir salat witir setelah Tarawih.

Doa Qunut ini dibaca setelah ruku atau pada saat i'tidal sebelum melakukan sujud.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh Imam an-Nawawi dalam al-Adzkar, bahwa ulama kalangan madzhab Syafi’i menganjurkan pembacaan doa Qunut saat witir dilakukan di separuh terakhir bulan Ramadan.

Baca Juga: Apa Hukum Nonton Mukbang Saat Puasa? Ini Penjelasan Ustaz Habib Husein Ja'far

Dalam buku Fiqih Sunnah Jilid I karya Sayyid Sabiq, sebuah riwayat dari Abu Dawud bahwa Umar bin Khatab mengumpulkan umat muslim untuk mengerjakan salat yang bermakmum kepada Ubai bin Ka'ab. 

Ubai mengerjakan salat bersama mereka selama dua puluh malam tanpa membaca doa Qunut, kecuali pada separuh terakhir bulan Ramadan.

Hal ini juga pernah diriwayatkan oleh Muhammad bin Nashr, bahwa dirinya bertanya kepada Saad bin Jubair berkata "Pada waktu ketika Umar bin Khatab mengutus pasukan muslimin. Pasukan itu dalam kondisi yang sulit hingga Umar merasa khawatir. Umar membaca doa Qunut pada separuh waktu yang terakhir bulan Ramadan."

Doa Qunut saat Salat Witir

Bacaan doa Qunut saat salat Witir sebagai amalan separuh terakhir Ramadan ini tidak berbeda dengan bacaan biasanya.

Penulis : Dian Nita Editor : Purwanto

Sumber : islam.nu.or.id


TERBARU