> >

Ini Alasan Mengapa Kurma Dianjurkan untuk Berbuka Puasa

Kesehatan | 22 April 2021, 23:02 WIB
Ilustrasi kurma, makanan yang dianjurkan untuk berbuka puasa. (Sumber: Shutterstock/MAMA_MIA)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Buah kurma merupakan salah satu kudapan yang dianjurkan Rasulullah Saw untuk berbuka puasa Ramadan.

Anjuran berbuka puasa dengan kurma ini termaktub dalam hadis Nabi yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi.

Jika salah seorang dari kalian berbuka puasa, maka berbukalah dengan kurma kering (tamr), karena hal itu mengandung keberkahan. Jika tidak ada, maka berbukalah dengan air karena air itu menyucikan.” (HR. At-Tirmidzi).

Baca Juga: Penjual Takjil 4 Kali Tamat Baca Al Quran Sambil Jaga Dagangan

Tak sekadar anjuran belaka, Rasulullah menganjurkan kurma untuk berbuka puasa karena beragam manfaat kurma dari sisi kesehatan.

Melansir Tribunnews, Kamis (22/4/2021), Wakil Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Ahmad, Agus Sukaca, mengatakan anjuran berbuka puasa dengan kurma selaras dengan kebaikan dari sisi kesehatannya.

Agus menjelaskan, kurma merupakan buah manis yang memiliki kandungan glukosa sederhana.

Salah satu alasan dari segi kesehatan mengapa kurma dianjurkan untuk berbuka puasa adalah karena kandungan glukosa sederhana dalam kurma ini mampu menggantikan energi dengan cepat sehingga bisa memulihkan tenaga setelah seharian berpuasa.

"Begitu dikonsumsi dia cepat dikonversi menjadi energi, sehingga dalam waktu cepat tenaga kita bisa pulih kembali. Prosesnya cepat, bisa segera digunakan menjadi energi sehingga memulihkan tenaga kita," terang Agus dalam program OASE Tribunnews.com, Selasa (20/4/2021).

Baca Juga: Wisata Kebun Kurma, Menikmati Kurma Muda Langsung dari Pohonnya

Penulis : Fiqih Rahmawati Editor : Hariyanto-Kurniawan

Sumber : Kompas TV


TERBARU