> >

Selain Tutup JD.ID di Indonesia, Ternyata JD.com Juga Setop Usaha di Thailand

Ekonomi dan bisnis | 31 Januari 2023, 11:26 WIB
Gerai offline JD.ID Electronic Store AEON Mall Sentul City. Platform dagang elektronik asal China JD.com mengumumkan penutupan layanan di Indonesia dan Thailand. (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Selain di Indonesia, ternyata JD.com yang merupakan induk usaha dari JD.ID, teryata juga menutup tokonya yang berada di Thailand. Mengutip dari Antara, Selasa (31/1/2023), pihak JD.com mengatakan operasional e-commerce di Thailand akan berakhir pada 3 Maret 2023.

Sedangkan JD.ID akan berhenti beroperasi pada 31 Maret 2023. Platform niaga JD.com di Indonesia dan Thailand juga dilaporkan berhenti menerima pesanan per 15 Februari 2023.

JD.com tidak menjelaskan alasan penutupan Thailand, tetapi juru bicara mengatakan mereka akan tetap melayani pasar global, termasuk Asia Tenggara, melalui infrastruktur rantai pasok.

JD.com beroperasi di Indonesia sejak 2015 dengan nama JD.ID. Sementara di Thailand, JD.com membuat perusahaan patungan dengan ritel terbesar di negara itu, Central Group, pada 2017.

Baca Juga: Kabar Gembira! Seleksi CPNS Tahun 2023 Ini Bisa untuk Masyarakat Umum

Sebelum menutup usahanya, JD.ID sudah lebih dulu melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK) terhadap 200 karyawannya. Head of Corporate Communications & Public Affairs JD.ID Setya Yudha Indraswara mengatakan, jumlah karyawan yang di PHK sama dengan 30 persen dari total seluruh pegawai.

"Kami memangkas sekitar 200 karyawan atau setara 30 persen dari total pekerja JD.ID. Langkah tersebut diambil perusahaan untuk menjawab tantangan ekonomi global serta perubahan bisnis digital yang sangat cepat," kata  Setya dalam siaran persnya kepada media, Selasa (13/12/2022).

 

“Langkah adaptasi perlu diambil perusahaan untuk menjawab tantangan perubahan bisnis yang sungguh cepat belakangan ini," ujarnya.

Menurutnya, PHK karyawan adalah upaya dari perampingan perusahaan. Sehingga dapat terus bergerak menyesuaikan dengan perubahan.

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara, Kompas TV


TERBARU