> >

Menhub: Bangga Indonesia Jadi Negara Pertama di ASEAN yang Punya Kereta Cepat

Ekonomi dan bisnis | 3 Oktober 2022, 06:37 WIB
Rangkaian kereta cepat Jakarta-Bandung berada di Depo Tegalluar, Sabtu (1/10/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi merasa bangga Indonesia menjadi negara pertama di kawasan ASEAN, yang memiliki kereta cepat yakni Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Apalagi KCJB memiliki kecepatan hingga ratusan kilometer per jam. Hal itu ia sampaikan saat meninjau rangkaian kereta cepat di kawasan Tegalluar, Bandung, Sabtu (1/10/2022). 

"Suatu kebanggaan bahwa Indonesia menjadi negara pertama yang memiliki dan mengoperasikan kereta cepat di ASEAN," kata Budi seperti dikutip dari Antara, Senin (3/10/2022).

"Jadi kita bayangkan ada suatu kereta cepat dan mampu dengan kecepatan 350 km/jam beroperasi," tambahnya.

Baca Juga: China Banggakan Kerja Sama Kereta Cepat dengan Indonesia, Disebut Suntikan Kuat ke Ekonomi Setempat

Budi mengatakan Kereta Cepat Jakarta-Bandung juga memiliki waktu antara atau headway 26 menit.

"Saya tadi ke Padalarang guna memastikan perjalanan dari Jakarta menuju Bandung dengan waktu yang baik, yakni Jakarta-Padalarang 30 menit dan dari Padalarang ke Bandung 22 menit sehingga totalnya 52 menit," ungkapnya. 

Sebelumnya, rangkaian kereta inspeksi untuk kebutuhan perawatan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) diberangkatkan menuju Depo Tegalluar, Kabupaten Bandung.

Satu kereta penumpang bertenaga listrik dan satu kereta inspeksi, masing-masing dengan formasi delapan gerbong, telah tiba di Indonesia setelah menempuh perjalanan laut selama 11 hari dari Tiongkok.

Baca Juga: Intip Tampilan Interior Second Class dan First Class Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Antara


TERBARU