Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Intip Tampilan Interior Second Class dan First Class Kereta Cepat Jakarta-Bandung

Kompas.tv - 29 Agustus 2022, 10:41 WIB
intip-tampilan-interior-second-class-dan-first-class-kereta-cepat-jakarta-bandung
Rangkaian Kereta Cepat Jakarta-Bandung mulai dikirim dari China pada 21 Agustus lalu dan secara bertahap dilanjutkan hingga 2023. (Sumber: KCIC)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Rangkaian electric multiple unit (EMU) untuk Kereta Cepat Jakarta-Bandung sudah dikirim dari China sejak 21 Agustus lalu. Kereta tersebut dikirimkan oleh pabrik CRRC Qingdao Sifang ke Indonesia melalui Pelabuhan Qingdao di Provinsi Shandong, China Timur.

Mengutip dari Straits Times, Senin (29/8/2022), Wakil Presiden Departemen Bisnis Luar Negeri CRRC Qingdao Sifang, Ma Qiang mengatakan, pengiriman dilakukan oleh Cosco Shipping Specialized Carriers, operator pengiriman khusus terbesar di China.

Pengiriman seluruh EMU KCB dilakukan bertahap. Untuk tahap pertama, diperkirakan akan sampai awal September 2022. Sementara sisanya akan diselesaikan secara bertahap pada awal 2023. Total ada 11 set kereta penumpang listrik dan kereta inspeksi yang akan dikirim.

Baca Juga: Kereta Cepat dari China Berangkat ke Indonesia Naik Kapal, Diperkirakan Tiba Akhir Agustus

KCB akan menjadi yang kereta cepat pertama di Asia Tenggara yang mampu melaju dengan kecepatan hingga 350 km/jam dan menempuh jarak 142 km.


 

Kepala Perancang EMU di CRRC Qingdao Sifang, Zhang Fangtao mengatakan, per delapan gerbong kereta terdiri atas satu gerbong kelas satu, satu gerbong makan dan enam gerbong kelas dua, dengan total kapasitas tempat duduk 601 penumpang.

Sementara itu, mengutip dari akun Instagram resmi @keretacelat_id, KCIC400AF yang sedang dalam pengiriman punya 4 bagian interior seating yang terdiri dari Second Class, First Class, VIP Class, dan Dining Car.

Pihak KCIC sendiri sudah membocorkan tampilan untuk second dan first class.

Baca Juga: Diluncurkan Jokowi Pagi Ini, Belanja di Singapura Cukup Bayar Pakai Ponsel dengan QRIS Antar Negara

"1 rangkaian kereta KCIC400AF terdiri dari 8 kereta dimana Seating Second Class ini berjumlah 7 kereta, yang berkapasitas 555 penumpang dengan pengaturan tempat duduk 3-2," tulis KCIC.

"Desainnya menggunakan finishing suede & motif print batik Mega Mendung, dengan detail warna biru dan abu-abu pada tempat duduknya, sehingga semakin mempercantik tampilan interior seating Second Class ini".

Kemudian First Class berjumlah 1 kereta dan berkapasitas 28 penumpang dengan pengaturan tempat duduk 2-2.

"Menggunakan faux leather & finishing motif laser cut batik Mega Mendung. Ditambah dengan warna merah cerah pada tempat duduk membuat interior seating semakin menawan," tulis KCIC

Baca Juga: Soal Pembiayaan Kereta Cepat Jakarta-Bandung, PKS Akan Ajukan Hak Angket pada Pemerintah

Sementara itu, untuk konstruksi lintasannya sendiri, PT Kereta Cepat Indonesia-China mengatakan saat ini progres telah capai 85% pada Juli. Ditargetkan akhir tahun sudah selesai seluruhnya.

Kepala Perancang EMU di CRRC Qingdao Sifang, Zhang Fangtao mengatakan, per delapan gerbong kereta terdiri atas satu gerbong kelas satu, satu gerbong makan dan enam gerbong kelas dua, dengan total kapasitas tempat duduk 601 penumpang.

"EMU dilengkapi dengan 2.500 titik pemantauan untuk deteksi tepat waktu, peringatan dini, dan diagnosis semua sistem utama. Kereta inspeksi telah dirancang untuk menyediakan fungsi inspeksi komprehensif untuk kereta api cepat Jakarta-Bandung, termasuk beragam peralatan inspeksi. Untuk penyelarasan trek, kabel overhead, dan sistem komunikasi dan sinyal," kata Zhang.



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x