> >

Jasa Selebgram Enggak Melulu Dibayar Pakai Uang lho, UMKM Bisa Gunakan Cara Berikut Ini

Ukm | 17 September 2022, 12:18 WIB
Penandatanganan Zeals Asia bersama M Bloc, Ultra, Wise, dan AP3MI untuk membantu UMKM memasarkan produknya secara digital lewat affiliate marketing. (Sumber: Zeals Asia )

JAKARTA, KOMPAS.TV- Digitalisasi telah mengubah banyak hal dalam dunia usaha. Salah satunya soal cara pelaku usaha memasarkan produknya, yang kini banyak mengandalkan kanal digital seperti media sosial (medsos).

Pemilik usaha juga tidak perlu lagi memasarkan produknya secara langsung di akun medsosnya. Tapi bisa bekerja sama dengan influencer seperti selebgram yang memiliki jumlah pengikut atau follower yang banyak.

"Influencer marketing dirasa cukup ampuh untuk mempromosikan suatu produk atau brand dengan biaya yang dibayarkan kepada seorang influencer," kata CEO dan Founder Zeals Asia Tommy Teguh Susetio dalam konferensi pers di Mbloc Market, Jakarta, Jumat (16/9/2022).

Menurut Tommy, influencer tidak melulu dibayar dengan uang. Ia menjelaskan, ada beberapa jenis kerja sama dengan influencer.

Baca Juga: Tips Mengelola Keuangan untuk Menghadapi Inflasi Tinggi

Pertama, common ground. Tommy menyampaikan, common ground bisa dilakukan kalau seorang influencer punya kepentingan atau visi yang sama dengan suatu brand.

"Misalnya, kalau produkmu ramah lingkungan, kamu bisa mencari influencer yang juga peduli dengan lingkungan. Harapannya agar kepentingan bersama tersebut bisa terwujud," ujarnya.

Kedua, brater marketing. Yakni suatu bentuk kerja sama di mana brand memberikan jasa atau produknya secara gratis kepada influencer atau selebgram dengan syarat harus mempromosikan produknya.

Walaupun sekarang jarang sekali influencer yang menyetujuinya, namun ini bisa tetap dilakukan dengan mencari kebutuhan influencer yang bisa disediakan oleh brand tersebut. Sehingga kerja samanya tetap adil bagi kedua belah pihak.

Ketiga, affiliate marketing di mana influencer mengambil komisi dari setiap penjualan yang terjadi melalui dirinya.

Baca Juga: Jokowi Bawa Investasi Rp100 T dari Korsel, Bahlil Tegaskan UMKM Akan 'Kecipratan' Juga

"Namun, affiliate sendiri memiliki berbagai sistem, ada yang tetap membayar jasa promosi + komisi penjualan atau cukup membayar komisi penjualan saja," ucap Tommy.

Bagi pemilik usaha yang ingin menggunakan jasa influencer atau selebgram untuk memasarkan produk, bisa mengontak para influencer secara langsung atau menggunakan jasa perusahaan digital marketing seperti Zeals Asia.

Zeals Asia adalah sebuah perusahaan Integrated Digital Marketing Ecosystem. Salah satu klien Zeals Asia adalah Eiger Adventure.

Namun Tommy menyampaikan, perusahaannya tidak hanya melayani klien besar tapi juga Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Seperti kolaborasi yang baru saja dilakukan Zeals Indonesia bersama Ultra, Wise, dan Asosiasi Pengusaha Pemasok Pasar Modern Indonesia (AP3MI). Penandatanganan kerja sama itu dilakukan pada Jumat kemarin di Mbloc Market Jakarta.

Tommy menerangkan, selama ini UMKM banyak menghadapi kendala dalam mengembangkan bisnisnya. Mulai dari akses permodalan ke bank, pengemasan produk, menjaga standar mutu produk yang dihasilkan, pemasaran, hingga perluasan penjualan.

Penulis : Dina Karina Editor : Edy-A.-Putra

Sumber : KOMPAS TV


TERBARU