> >

Endang Tirtana Jadi Komisaris Independen PT KAI yang Baru, Berikut Latar Belakang Politik dan Karir

Bumn | 31 Desember 2021, 23:49 WIB
PT KAI memperbolehkan anak di bawah 12 tahun naik kereta mulai 22 Oktober 2021. (Sumber: Antara)

JAKARTA, KOMPAS.TV – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melakukan perombakan jajaran komisaris PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI. Ia mengangkat Endang Tirtana sebagai Komisaris Independen KAI.

Endang Tirtana menggantikan Pungky Sumadi sebagai Komisaris KAI yang telah menjabat sebagai komisaris sejak 2017.

“Adanya pemberhentian dan pengangkatan Anggota Dewan Komisaris PT Kereta Api Indonesia (Persero) diharapkan dapat berdampak positif untuk menjaga dan meningkatkan kinerja perseroan," ucap Executive Vice President Corporate Secretary KAI Asdo Artriviyanto, dikutip dari Tribunnews.com, Jumat (31/12/2021).

Endang Tirtana bukan wajah baru di perusahana pelat merah sebagai komisaris (komisaris BUMN). Sebelum diangkat sebagai Komisaris Independen KAI, Endang Tirtana merupakan Komisaris Independen di PT Semen Baturaja (Persero). Saat itu, Ia diangkat di BUMN semen pada Agustus 2020.

Di kancah politik, Endang tercatat merupakan calon legislatif dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Daerah Pemilihan Sumatera Barat II pada 2019 lalu. Tapi gagal terpilih.

Kemudian, pada 2014, Ia juga pernah maju menjadi caleg untuk DPR pada 2014 dari Partai Hanura, dan kembali gagal. Endang sempat masuk dalam tim sukses kampanye nasional koalisi Indonesia Kerja pasangan Calon Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan calon Wakil Presiden KH Maruf Amin.

Dia merupakan salah satu anggota dalam Koordinator Pemenangan Pemilu Partai ex-officio Ketua Badan Pemenangan Pemilu Legislatif Partai Politik Koalisi Indonesia Kerja Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja Pasangan Capres Jokowi dan Cawapres KH Ma’ruf Amin.

Pria kelahiran Padang Balai, 9 April 1981 ini merupakan Sarjana di Institut Agama Islam Negeri Padang (IAIN) Jurusan Aqidah Filsafat pada 2000. Endang melanjutkan studi gelar magister jurusan Ilmu Administrasi di Universitas Krisnadwipayana, Jawa Barat (2020).

Endang Tirtana diangkat sebagai Komisaris Independen KAI. (Sumber: -)

Baca Juga: PT KAI Luncurkan Alternatif Pembayaran Digital KAIPay

Riza Primadi

Adapun selain Endang Tirtana, nama lain yang terkait dengan tim pemenangan Jokowi-Ma'ruf selama Pilpres 2019 adalah Riza Primadi.

Riza sebelumnya merupakan Staf Khusus Menteri BUMN Bidang Komunikasi, Dosen Departemen Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Indonesia, dan CEO PT Content Creative Indonesia.

Penulis : Fransisca Natalia Editor : Vyara-Lestari

Sumber : Kompas TV/Tribunnews.com/Kompas.com


TERBARU