> >

Jokowi ke Kepala Daerah: Uang Sendiri Tidak Digunakan Kok Ngejar Orang Lain?

Ekonomi dan bisnis | 24 November 2021, 11:44 WIB
Presiden Jokowi pada puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021). Presiden Jokowi kesal dengan banyak anggaran pemerintah daerah yang mengendap di bank. Menurut Jokowi, tidak perlu mencari dana dari investasi asing jika uang sendiri tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. (Sumber: Tangkapan Layar Youtube Setpres/ninuk)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Presiden Joko Widodo mengeluhkan banyaknya anggaran pemerintah daerah yang belum terserap. Padahal sebentar lagi tahun 2021 akan berakhir. Menurut Jokowi, anggaran pemda yang masih tersimpan di bank mencapai Rp226 triliun.

"Para gubernur, bupati, wali kota, tadi pagi saya cek ke menteri keuangan masih ada berapa uang yang ada di bank? Ini sudah akhir November tinggal sebulan lagi (ternyata) tidak turun angkanya justru naik. Saya sudah peringatkan di Oktober seingat saya Rp170 (triliun), ini justru naik jadi Rp226 triliun," kata Presiden Jokowi seperti dikutip dari Antara, Rabu (24/11/2021).

Jokowi mengingatkan, buat apa mencari investasi dari luar negeri jika anggaran sendiri tidak terserap dengan baik. Anggaran sebesar Rp226 triliun yang mengendap di bank juga terlalu banyak.

"Ini perlu saya peringatkan. Loh uang kita sendiri tidak digunakan kok ngejar-ngejar orang lain untuk uangnya masuk? Logikanya gak kena, uang kita sendiri dihabiskan realisasikan segera, habis waduh sudah tidak ada APBD, baru mencari investor untuk datang, logika ekonominya seperti itu," ujar Jokowi.

Baca Juga: Jokowi Minta Pejabat Tinggalkan Kebiasaan "Jadul" Saat Layani Investor

"Kalau dimiliarkan Rp226 ribu miliar, ini gede sekali! Segera dihabiskan dulu, realisasikan, baru kita bicara ke investor mana uangmu? Realisasikan juga itu jadi dampaknya dobel," ujarnya.

Hingga saat ini, anggaran pemerintah pusat sudah defisit Rp548 triliun karena digunakan untuk menangani Covid, memulihkan ekonomi, dan ditransfer ke daerah. Jumlah dana yang ditransfer ke daerah mencapai Rp642 triliun, baik ke provinsi, kabupaten, dan kota.

Jokowi meminta para kepala daerah memanfaatkan dana tersebut sebaik-baiknya.

"Sekali lagi kementerian daerah dan kita semua harus menanggalkan ego sektoral. Semua harus memiliki visi yang sama, semuanya harus memiliki keinginan yang sama untuk memajukan daerahnya kabupaten, kota, provinsi dan tentu memajukan negara kita Indonesia," tutur Jokowi.

Baca Juga: Mulai 24 Desember - 2 Januari 2022, Mal Buka sampai Jam 22.00 Waktu Setempat

Penulis : Dina Karina Editor : Desy-Afrianti

Sumber : Antara


TERBARU