> >

Pertamina Kebut Pembersihan Sisa Tumpahan Minyak di Pantai Karawang

Ekonomi dan bisnis | 28 April 2021, 11:36 WIB
Pertamina Hulu Energi Offshore North West Java (PHE ONWJ) (Sumber: KOMPAS/IWAN SETIYAWAN) 

KARAWANG, KOMPAS.TV- Pertamina Hulu Energi (PHE) terus membersihkan tumpahan minyak di pantai Karawang.

Saat ini, tim dengan alat pelindung diri seperti sarung tangan dan baju hazmat tengah membersihkan sisa-sisa tumpahan minyak.

"Sudah tidak ada lagi ceceran minyak dan  tim PHE juga terus melakukan finishing pembersihan," kata Manager External Communication & Stakeholder Pertamina Hulu Energi, Hermansyah, kepada KOMPAS TV, Rabu (28/04/2021).

Hermansyah menjelaskan, begitu mengetahui ada tumpahan minyak di perairan Karawang dan sampai ke pantai, timnya langsung bergerak ke sejumlah lokasi tumpahan minyak.

Baca Juga: Pasca Pipa Minyak Pertamina Bocor, Nelayan di Karawang Rela Jadi Kuli Pembersih Limbah Minyak

"Kami melakukan penanganan sesuai prosedur sebagai tindakan antisipasi sekaligus dalam menangani pembersihannya, " ujar Hermansyah.

Namun di salah satu lokasi, yakni di Desa Cemara Jaya, minyak sudah sampai di pantai sebelum tim PHE tiba. Hal ini menjadi perhatian warga termasuk anak kecil yang secara spontan mengumpulkan ceceran minyak.

"Tapi tidak lama setelah itu, tim PHE tiba di lokasi dan melakukan pembersihan dibantu masyarakat yang dilengkapi dengan alat pelindung diri seperti sarung tangan, baju hazmat, dan lain-lain," jelasnya.

Baca Juga: Minyak Mentah Pertamina Cemari Pantai. Nelayan Beralih Profesi

Tim PHE juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat, untuk tidak melakukan pengambilan minyak tanpa menggunakan perlengkapan keamanan diri.

Penulis : Dina Karina Editor : Iman-Firdaus

Sumber : Kompas TV


TERBARU