> >

Baru Dibuka, Tol Cengkareng-Kunciran dan Tol Cinere-Serpong Gratis Selama 2 Pekan

Ekonomi dan bisnis | 1 April 2021, 13:00 WIB
Gerbang Tol Husein Sastranegara yang merupakan bagian Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran (Sumber: Kementerian PUPR)

JAKARTA, KOMPAS.TV- Jalan Tol Cengkareng-Batu Ceper-Kunciran dan Tol Serpong-Cinere seksi I Serpong-Pamulang baru saja diresmikan oleh Presiden Jokowi. 

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, 2 tol itu akan dibuka secara gratis selama 2 pekan. Lantaran pengelola tol akan memasyarakatkan kedua tol tersebut. 

"Dioperasikan tanpa tarif dulu sambil sosialisasi selama dua minggu. Menunggu juga tarifnya dari Menteri PUPR," kata Danang kepada awak media, Kamis (01/04/2021).

Baca Juga: Tol Cengkareng-Batuceper-Kunciran, Akses Baru Warga Tangerang ke Bandara

Dalam acara peresmian tadi pagi, Presiden Joko Widodo meminta pemerintah daerah Kota Tangerang, Banten,  untuk menjadikan infrastruktur sebagai sebuah keunggulan dan modal penting untuk menarik investasi.

“Agar lebih banyak usaha-usaha baru yang dikembangkan dan ini akan membuka lapangan kerja yang seluas-luasnya. Dan mempercepat pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru dan juga mengembangkan simpul-simpul pertumbuhan ekonomi produktif,” terang Jokowi. 

Ruas tol yang diresmikan hari ini merupakan bagian dari jaringan Jalan Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) 2. Pembangunan tol ini dilakukan untuk melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan metropolitan Jabodetabek.

Baca Juga: Resmikan Tol Cinere-Cengkareng, Jokowi Minta Pemda Jadikan Infrastruktur Modal Menarik Investasi

Selain memecah kemacetan yang terjadi di Jakarta, 2 ruas tol tersebut juga memudahkan warga yang menuju arah Cengkareng. 

“Terutama masyarakat Tangerang dan Tangerang Selatan karena dapat menjadi alternatif bagi masyarakat khususnya masyarakat Jawa Barat dan Jakarta bagian selatan untuk menuju Bandara Soekarno-Hatta,” tambahnya.

Penulis : Dina Karina Editor : Purwanto

Sumber : Kompas TV


TERBARU