Kompas TV advertorial
advertorial

Operasi Katarak dengan Metode Terkini? KMN EyeCare Pilihan Tepat

Kompas.tv - 25 Maret 2024, 09:00 WIB
operasi-katarak-dengan-metode-terkini-kmn-eyecare-pilihan-tepat
Secara garis besar, operasi katarak adalah proses pengangkatan lensa yang keruh dan menggantikannya dengan lensa tanam buatan. Dalam beberapa tahun terakhir, metode operasi katarak mengalami perkembangan pesat. (Sumber: Dok. KMN Eyecare)
Penulis : Adv Team

 

KOMPAS.TV - Gangguan penglihatan yang disebabkan oleh katarak dapat diatasi dengan cara operasi katarak. Kacamata dan penerangan yang baik hanya membantu penglihatan secara sementara, tetapi satu-satunya cara mengatasinya adalah dengan menjalani operasi katarak.

Secara garis besar, operasi katarak adalah proses pengangkatan lensa yang keruh dan menggantikannya dengan lensa tanam buatan. Dalam beberapa tahun terakhir, metode operasi katarak mengalami perkembangan pesat.

Sebagai pusat kesehatan mata tepercaya di Indonesia, KMN EyeCare menyediakan layanan operasi katarak modern terkini, yaitu metode fakoemulsifikasi.

Melalui metode fakoemulsifikasi, operasi katarak di KMN EyeCare dilakukan tidak lebih dari 30 menit oleh dokter spesialis mata berpengalaman.

Baca Juga: Dhini Aminarti Percayakan Operasi Katarak Ibunda di KMN EyeCare

Operasi Katarak dengan Metode Fakoemulsifikasi

Fakoemulsifikasi adalah suatu teknik canggih yang digunakan dalam operasi katarak untuk menghilangkan lensa keruh dari mata. Metode ini telah menggantikan banyak metode tradisional karena memberikan hasil lebih baik, pemulihan lebih cepat, dan risiko komplikasi lebih rendah.

Fakoemulsifikasi adalah teknik operasi katarak yang menggunakan gelombang ultrasonik untuk memecah lensa yang keruh menjadi fragmen kecil. Selanjutnya, lensa yang sudah hancur akan dihisap dan diangkat dari mata.

KMN EyeCare menggunakan alat fakoemulsifikasi terbaru yaitu Centurion dari Alcon Laboratories. Dokter mata akan membuat sayatan kecil berukuran 2,2 mm pada kornea sebagai pintu masuk instrumen fakoemulsifikasi.

Operasi katarak dengan fakoemulsifikasi umumnya tidak membutuhkan jahitan. Sayatan kecil yang dibuat di awal dapat sembuh dengan sendirinya sehingga cukup dilakukan secara rawat jalan dan pasien dapat kembali beraktivitas keesokan harinya.

Alat fakoemulsifikasi Centurion yang dipakai oleh KMN EyeCare telah terkenal memiliki profil keamanan yang baik, sehingga memperkecil kemungkinan adanya komplikasi pasca operasi.

Keunggulan Operasi Katarak di KMN EyeCare

Proses operasi katarak menggunakan metode fakoemulsifikasi di KMN EyeCare mencakup serangkaian langkah-langkah canggih yang dirancang untuk memberikan hasil yang optimal dan pemulihan yang cepat bagi pasien.

Cek Kondisi Kornea Menggunakan Specular Microscope

Sebelum tindakan operasi, pasien menjalani konsultasi dengan tim dokter mata di KMN EyeCare dan beberapa pemeriksaan.

Specular Microscope adalah salah satu alat diagnostik canggih untuk memeriksa lapisan sel-sel endotel kornea sebelum operasi katarak. Alat pemeriksaan yang dipakai oleh KMN EyeCare adalah Specular Microscope Topcon SP 3000P dengan teknologi yang sudah canggih.

Specular Microscope ini bekerja dengan cara mengambil gambar dan menganalisis sel-sel endotel pada lapisan dalam kornea. Tujuannya adalah untuk melihat apakah ada kelainan pada mata calon pasien.

Kelainan yang ditemukan melalui pemeriksaan ini berpengaruh pada penanganan pasien pada saat operasi dan pasca operasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x