Kompas TV advertorial
advertorial

13 Tempat Bukber di Bandung, Kantin Tjahaya Salah Satu Tempat yang Paling Ramai didatangi

Kompas.tv - 9 Maret 2024, 23:45 WIB
13-tempat-bukber-di-bandung-kantin-tjahaya-salah-satu-tempat-yang-paling-ramai-didatangi
Tak hanya pusing menentukan tempat bukber saja, memilih ide menu berbuka puasa kadang juga membingungkan, terkhusus bagi yang tinggal sendiri di kota rantau, misalnya saja Kota Bandung. (Sumber: Dok. Kantin Tjahaya)

KOMPAS.TV – Bulan Ramadan yang sebentar lagi tiba ini kerap menjadi momen tak asing dengan munculnya berbagai wacana agenda bukber (buka bersama), mulai dari bukber rekananan SD hingga rekanan kerja.

Hal tersebut pun terkadang menjadi inspirasi untuk lahirnya tempat bukber musiman di bulan Ramadan, mulai dari kafe hingga resto viral yang menyediakan berbagai paket bukber.

Tak hanya pusing menentukan tempat bukber saja, memilih ide menu berbuka puasa kadang juga membingungkan, terkhusus bagi yang tinggal sendiri di kota rantau, misalnya saja Kota Bandung.

Kendati demikian, harus dicermati bahwa penting untuk memperhatikan nutrisi hidangan selama di bulan Ramadan. Tak hanya ketika berbuka puasa saja, menu sahur pun harus sehat dan bergizi agar tubuh tetap fit selama menjalankan ibadah puasa. 

 

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi makanan untuk sahur dan berbuka puasa yang sehat dan praktis:

Menu Sahur

Sahur merupakan waktu makan sebelum menjalankan ibadah puasa, bertujuan agar tubuh tetap kuat beraktivitas selama berpuasa.

Karena itu, makanan yang dikonsumsi saat sahur mestilah makanan yang dapat memberi energi dan bisa menahan kenyang lebih lama. Berikut beberapa ide menu sahur yang sehat dan praktis.

  • Oatmeal, susu, dan buah

Oatmeal dapat memberi energi untuk beraktivitas. Tambahkan potongan buah segar seperti pisang, apel, atau alpukat.

  • Yogurt dan granola

Yogurt dan granola kaya protein dan serat sehingga dapat menahan rasa kenyang lebih lama saat puasa. 

  • Smoothie

Smoothie merupakan minuman sehat dari buah dan sayuran yang dihaluskan dengan tambahan susu atau yogurt. Minuman ini dapat memberikan nutrisi pada porsi menu sahur Anda sehingga bisa kenyang lebih lama.

 

Menu Berbuka Puasa

Waktu berbuka adalah saat paling ditunggu saat puasa, meskipun dianjurkan dengan yang manis-manis, menu berbuka puasa pun mesti menjadi perhatian.

Utamakan makanan yang manis dan menyegarkan tertapi tetap memberikan manfaat bagi tubuh, seperti halnya di bawah ini: 

 

  • Kurma dan susu

Kurma mengandung banyak gula alami dan nutrisi, sehingga cocok dikonsumsi dengan segelas susu.

  • Salad buah

Isian mangkuk salad buah dengan potongan buah segar seperti melon, apel, anggur tak hanya memberikan kesegaran saat berbuka, tetapi juga memberikan nutrisi serat yang tentunya baik untuk pencernaan setelah jeda lama tidak mengonsumsi makanan.

  • Sup sayuran

Tak hanya yang segar-segar, cobalah sesekali menghangatkan tubuh dengan sup sayuran seperti wortel, buncis, kol dan kentang, yang tentunya akan memberikan nutrisi pada tubuh. 

 

Berikut tadi merupakan beberapa rekomendasi makanan sahur dan berbuka versi sederhana. Terkadang hal tersebut tak semua dapat dinikmati dengan berbagai alasan, apalagi untuk wisatawan atau warga lokal di suatu tempat. 

Entah itu keterbatasan dalam mencari bahan baku atau keterbatasan waktu dalam mengolahnya. Oleh karena itu, kembali ke topik di atas perihal kota Bandung menjadi kota rantau, berikut adalah beberapa rekomendasi tempat bukber di Bandung. 

 

Tempat Bukber di Bandung

Bandung merupakan salah satu kota terbesar di Jawa Barat yang selalu ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah. Selain terkenal dengan destinasi wisatanya yang indah, Bandung juga dikenal sebagai surganya kuliner unik.

Banyak sekali pilihan tempat makan yang bisa Anda temukan di Kota Kembang ini. Kulineran di Bandung tak bisa dilakukan tanpa menyusuri setiap lini penjaja makanan, mulai dari kafe, restoran, hingga warung makan pinggir jalan. Semuanya menyajikan cita rasa khas Bandung yang sayang untuk dilewatkan.

Nah, menjelang bulan Ramadhan seperti sekarang ini, pasti banyak yang mencari rekomendasi tempat buka puasa atau bukber di Bandung.

Untuk tahu lebih jauh, yuk simak rekomendasi tempat bukber di Bandung berikut ini:

 

  • Kantin Tjahaya

Kantin Tjahaya merupakan salah satu resto viral di Bandung yang kini menjadi pilihan tempat buka puasa bandung yang paling recommended. Apalagi teruntuk Anda yang tidak memiliki waktu untuk masak sepulang kerja dan bingung ingin makan apa.

Kantin Tjahaya hadir untuk memberikan solusi dengan menyajikan paket ayam asap pedas dan paket nasi bali.

Nasi putih panas disajikan dengan telur asin orek sambal terasi bawang serta sambal autentik nan segar dan pedas yang dikenal sebagai salah satu sambal terenak di Kota Bandung. Harga yang ditawarkan pun tentunya tidak menguras kantong.

Kantin Tjahaya hadir untuk memberikan solusi dengan menyajikan paket ayam asap pedas dan paket nasi bali. (Sumber: Dok.Kantin Tjahaya)

Selain katering harian, Kantin Tjahaya menyediakan katering untuk acara tertentu sesuai kebutuhan konsumen. Keragaman menu yang khas bervariasi membuat hidangan Kantin Tjahaya kerap viral di Bandung.

Kantin Tjahaya juga mempunyai menu ayam asap yang dibakar langsung menggunakan kayu sehingga menimbulkan aroma khas dan menggugah selera, gurih, dan teksturnya yang lembut. Siapa saja pasti lahap saat menyantapnya serta rasanya yang khas membuat makanan ini sulit dilupakan.

Dengan konsep jadul seperti di rumah sendiri, lokasi Kantin Tjahaya sangat strategis dan mudah dijangkau, tepatnya di Jl. Anggrek No.42, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Selain lokasinya yang mudah dijangkau, harga menu di Kantin Tjahaya juga terbilang  affordable karena berkisar mulai dari Rp10.000-an saja sehingga sangat cocok untuk yang memiliki budget minim, namun ingin menikmati sajian buka puasa yang lezat dan khas di resto viral di Bandung ini. 

Adapun yang wajib dicoba saat bukber di restoran ini adalah ayam asap bumbu oles madu yang manis dan gurih, sehingga menghasilkan ayam juicy dan bumbu meresap hingga ke dalam daging.

 

Tak ketinggalan, sate kere daging kambing yang lembut dan dipanggang dengan bumbu rempah meresap sempurna, serta telur asin orek bawang putih dengan cita rasa pedas yang nendang dan aroma terasi yang kuat sehingga menerbitkan air liur bagi pengunjung.

Suasana yang nyaman untuk nongkrong atau ngobrol bareng teman atau keluarga ditambah dekorasi vintage nan jadul memberikan kesan bahwa Kantin Tjahaya merupakan solusi dari kegelisahan para pemburu makanan lezat namun tetap affordable.
 

Jadi, bagi Anda yang ingin mencari rekomendasi tempat bukber murah meriah dan jajanan Bandung yang kekinian, cobalah untuk kunjungi Kantin Tjahaya. Jangan lupa ajak teman atau keluarga untuk menikmati sajian bukber yang lezat sambil ngobrol seru di resto viral Bandung ini. 

Kantin Tjahaya menghadirkan suasana yang nyaman untuk nongkrong atau ngobrol bareng teman atau keluarga. (Sumber: Dok. Kantin Tjahaya)

Kantin Tjahaya

  • Alamat : Jl. Anggrek No.42, Cihapit, Kec. Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat 40112
  • WhatsApp : +6282211902599
  • Instagram : https://www.instagram.com/kantintjahaya
  • TikTok : https://tiktok.com/@kantintjahaya 
  • Facebook : https://www.facebook.com/kantintjahaya 
  • X : https://x.com/kantintjahaya 
  • YouTube : https://www.youtube.com/@KantinTjahaya
  • Website : https://waroengtjahaya.com

 

  • Mameula

Mameula adalah salah satu hidden gem di Bandung dengan berbagai makanan dan minuman menarik dan rasanya yang unik. Selain itu, Mameula mempunyai tempat yang luas dan sangat bersih sehingga disukai oleh generasi muda.

Mameula mempunyai tempat yang luas dan sangat bersih sehingga disukai oleh generasi muda. (Sumber: Dok. Mameula)

Selain nyaman, harga yang ditawarkan tergolong ramah di kantong pelajar. Salah satu fasilitas unggulan Mameula yang sangat penting bagi kalangan pelajar dan pekerja adalah free wifi. 

Mameula

 

  • Tjendana Bistro 

Salah satu tempat terbaik lainnya untuk berbuka puasa di Bandung adalah Tjendana Bistro, yang terletak di Sukajadi. Sebenarnya, restoran viral ini memulai bisnis kuliner dengan tujuan sederhana, yakni menggabungkan kebersamaan lewat hidangan Asia yang dimasak dengan hati-hati. 

Restoran viral ini memulai bisnis kuliner dengan tujuan sederhana, yakni menggabungkan kebersamaan lewat hidangan Asia yang dimasak dengan hati-hati.  (Sumber: Dok. Tjendana Bistro)

Pilihan menu di Tjendana Bistro dirancang sedemikian rupa sehingga memungkinkan semua orang di meja makan menikmatinya secara bersamaan. 

Hidangan utama andalan tempat ini mengombinasikan cita rasa khas masakan Asia yang kaya rempah dan bumbu lokal  untuk membangkitkan kenangan indah di rumah.

Restoran ini  juga menyediakan aneka hidangan pembuka yang menggugah selera hingga hidangan penutup yang melengkapi sajian makan Anda.

Tjendana Bistro memungkinkan pengunjung menyantap hidangan dengan alunan suara musik etnik dan gemericik air. Pemandangan yang asri yang sejenak dapat membuat Anda merasa rileks dan menikmati pengalaman bersantap luar biasa.

Menu signature yang patut dicoba yakni Mango Chicken, ayam goreng dengan saus spesial yang ditaburi salad mangga memberikan kesan segar pada tiap suapan. 

Tjendana Bistro 

  • Alamat: Jl. Sukajadi No.181, Cipedes, Kec. Sukajadi, Kota Bandung, Jawa Barat 40162


 

  • Ambrogio Patisserie 

Ambrogio Patisserie berada di daerah Buah Batu. Nama restoran ini berasal dari dua kata: ambrogio, berasal dari bahasa Yunani dan Italia yang berarti abadi, dan Patisserie, dari bahasa Prancis.

Nama restoran ini berasal dari dua kata: ambrogio, berasal dari bahasa Yunani dan Italia yang berarti abadi, dan Patisserie, dari bahasa Prancis. (Sumber: Dok. Ambrogio Patisserie)

Secara umum, maknanya bisa diartikan toko yang menjual berbagai jenis kue basah dan kue kering. Jadi, pemilik kafe ingin toko mereka tetap seperti namanya.

Walaupun disebut Patisserie, ckafe ini tidak hanya menjual kue basah dan kue kering. Mereka juga menjual minuman, seperti Hot Lemon Tea seharga Rp16.000 per cangkir, Iced Americano seharga Rp24.000, Chicken Wings with Fries seharga Rp38.000, Croquette Melts seharga Rp25.000, dan camilan termasuk Mango Cake seharga Rp25.000.

Kafe ini terbilang cukup luas sehingga masih ada ruang gerak walaupun pengunjung yang datang sangat ramai. Anda juga bisa menjadikan menu di sini sebagai oleh-oleh saat berwisata karena termasuk restoran hits di Bandung.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x