Kompas TV advertorial

Siap-siap! Kemendikbudristek Kembali Selenggarakan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka Angkatan 4

Kompas.tv - 11 November 2023, 13:35 WIB
siap-siap-kemendikbudristek-kembali-selenggarakan-program-pertukaran-mahasiswa-merdeka-angkatan-4
Kemendikbudristek akan kembali menyelenggarakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), program mobilitas dalam negeri bagi mahasiswa selama satu semester. (Sumber: Dok. Kemendikbudristek)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) akan kembali menyelenggarakan Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), program mobilitas dalam negeri bagi mahasiswa selama satu semester.

Program ini memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman belajar di berbagai perguruan tinggi di Indonesia, sekaligus memperkuat wawasan kebangsaan dan persatuan dalam keberagaman.

Program ini dapat diikuti oleh mahasiswa aktif pada perguruan tinggi di bawah koordinasi Kemendikbudristek. Pendaftaran peserta untuk PMM Angkatan 4 telah dibuka hingga awal Desember 2023, sedangkan pelaksanaan program akan dimulai pada awal tahun 2024 mendatang.

Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek Sri Suning Kusumawardani memaparkan, melalui program ini mahasiswa diberikan kesempatan untuk bisa merasakan pertukaran nilai-nilai budaya yang pada saat bersamaan akan mengasah berbagai kompetensi seperti komunikasi interpersonal, kemampuan beradaptasi, kreativitas, dan memperkuat toleransi.

"Pengalaman belajar dan hidup di tengah budaya yang baru membentuk adik-adik mahasiswa menjadi pribadi yang lebih dewasa, adaptif dan toleran terhadap berbagai perbedaan,” ucap Sri.

Salah satu keunikan dari Program PMM adalah mata kuliah khusus bertajuk Modul Nusantara, yang mewadahi mahasiswa untuk mempelajari sejarah, kebudayaan, dan ragam adat istiadat masyarakat lokal di mana mereka mengikuti program.

Baca Juga: Kemendikbudristek Beri Penghargaan pada 270 Bunda Paud Tingkat Nasional 2023

Rangkaian kegiatan Modul Nusantara meliputi aspek kebinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial, yang difokuskan untuk memberikan pemahaman yang komprehensif tentang kekayaan budaya nusantara.

Melalui proses pembelajaran ini, mahasiswa dapat memperoleh pengalaman dan wawasan baru tentang nilai-nilai kebinekaan, menjalin pertemanan lintas budaya dan adat istiadat, serta mengembangkan berbagai keterampilan penting seperti kepekaan sosial dan kemampuan beradaptasi.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x