Kompas TV advertorial
advertorial

Minum Kopi Tetap Nikmat dan Sehat dengan Multivitamin Kopi

Kompas.tv - 15 September 2023, 12:00 WIB
minum-kopi-tetap-nikmat-dan-sehat-dengan-multivitamin-kopi
Ilustrasi pekerja kantoran yang sedang menikmati kopi. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Adv Team

 

KOMPAS.TV – Kopi merupakan minuman yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Selain rasanya yang nikmat, kopi juga dapat menemani masyarakat beraktivitas berkat kandungan kafein.

Perlu diketahui, kafein merupakan senyawa alami yang terdapat dalam biji kopi. Stimulan ini dapat membantu meningkatkan kewaspadaan dan daya konsentrasi.

Hal ini menjadi alasan banyak orang minum kopi pada pagi hari atau saat memerlukan dorongan ekstra untuk tetap fokus.

Tak hanya membantu meningkatkan energi dan konsentrasi, kopi juga dikenal sebagai salah satu sumber antioksidan. Zat ini dapat membantu melawan radikal bebas yang dihasilkan akibat paparan polusi udara.

Baca Juga: Tips Jitu Tetap Produktif Menghadapi Padatnya Aktivitas Harian

Adapun sumber antioksidan yang terdapat pada kopi di antaranya kafein, asam klorogenat, vitamin B3 (niacin), vitamin B2 (riboflavin), serta minyak atsiri.

Mengonsumsi kafein dalam jumlah moderat dapat mengurangi risiko beberapa penyakit kronis, seperti diabetes. Pasalnya, kafein dapat meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah.

Kopi juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke lantaran dapat meningkatkan kadar nitrat oksida dalam darah.

Hal ini membuat kopi dapat melebarkan pembuluh darah dan meningkatkan aliran darah. Selain itu, kopi memiliki manfaat yang bagus juga untuk meningkatkan kinerja fisik dan efek positif pada mood.

Batasi konsumsi kafein

Meski memiliki banyak manfaat, kafein yang terkandung pada kopi juga dapat menimbulkan masalah kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) menetapkan batas konsumsi kafein sebanyak 400 miligram (mg) atau setara dengan 4–5 cangkir kopi per hari untuk orang dewasa.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x