Kompas TV kg media

Melalui KG Lestari, KG Media Rilis Hasil Riset sebagai Dukungan Proses Pembangunan Berkelanjutan

Kompas.tv - 27 Juli 2023, 21:51 WIB
melalui-kg-lestari-kg-media-rilis-hasil-riset-sebagai-dukungan-proses-pembangunan-berkelanjutan
Lewat KG Lestari, KG Media merilis hasil riset sebagai dukungan terhadap proses pembangunan berkelanjutan. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sustainable Development Goals (SDGs) atau proses pembangunan berkelanjutan adalah langkah penting untuk menjaga kualitas lingkungan hidup dan memastikan keadilan serta efektifitas tata kelola pemerintahan guna meningkatkan kualitas hidup dari satu generasi ke generasi lainnya.

Data kependudukan menunjukkan dominasi generasi Z (27,94%) dan milenial (25,87%) di Indonesia. Oleh karena itu, peran generasi muda menjadi krusial dalam mewujudkan SDGs di negara ini.

Generasi muda tidak boleh lengah dan harus aktif terlibat dalam proses pembangunan berkelanjutan karena jumlah mereka mencapai 40% dari total penduduk Indonesia.

Maka dari itu, KG Media ingin berkontribusi untuk mewujudkan akselerasi pembangunan berkelanjutan di Indonesia melalui kampanye Lestari. 

Lestari merupakan platform yang menggaungkan gerakan-gerakan yang mendukung isu keberlanjutan dan mengakselerasi kolaborasi para pemangku kepentingan.

Lewat Lestari pula, KG Media telah melakukan riset terhadap pembaca, pemirsa dan pendengarnya yang tersebar di seluruh Indonesia mengenai gaya hidup generasi muda dan konsumen di Indonesia terhadap service atau produk yang dihasilkan dari perusahaan yang mendukung program SDGs. 

Riset ini telah dilakukan di sepanjang bulan Mei 2023 lalu, dengan menerapkan metode kualitatif dan kuantitatif.

Dian Gemiano, Marketing Chief Officer KG Media juga mengungkapkan, tantangan SGDs saat ini adalah masih banyak masyarakat yang tidak mengetahui program-program keberlanjutan yang dilakukan perusahaan. 

KG Media Lestari dirancang sebagai platform untuk mengakselerasi kolaborasi para pemangku kepentingan sekaligus menggaungkan gerakan-gerakan yang mendukung isu keberlanjutan agar dampaknya lebih signifikan.

Berikut ini hasil akhir riset yang telah dilakukan oleh KG Media:

Baca Juga: Program Lestari KG Media, Merangkul Kelestarian Bumi, Kukuhkan Reputasi

Isu SDGs Berpengaruh terhadap Keputusan Pembelian

Apabila sebuah merek menerapkan isu SDGs dan calon konsumen mengetahui aktivitasnya, maka sangat dimungkinkan mereka akan membeli dan bahkan merekomendasikan produk dari merek tersebut. 

Dalam hal ini, pembaca muda menjadi kelompok yang paling merekomendasikan produk SDGs (18-34 tahun). Peluang juga semakin terbuka lebar karena ternyata 54 persen pembaca berani untuk membayar lebih untuk merek yang menerapkan SDGs.

Sebanyak 68 persen pembaca juga bersedia untuk berpindah dari merek langganan mereka kepada merek yang menerapkan SDGs.

Lebih dalam, isu SDGs yang paling banyak diminati adalah isu lingkungan. Sebab, dampak dari isu lingkungan dirasa lebih "terlihat" dibandingkan isu sosial. 



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.