Kompas TV kg media

Mayoritas Pembaca KG Media Sadar Pentingnya Program SDGs, Isu Lingkungan Paling Diminati

Kompas.tv - 28 Juni 2023, 19:34 WIB
mayoritas-pembaca-kg-media-sadar-pentingnya-program-sdgs-isu-lingkungan-paling-diminati
Telepon seluler pintar atau smartphone sebagai sumber informasi dari berbagai media daring (3/9/2020). (Sumber: KOMPAS/P RADITYA MAHENDRA YASA)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Survei KG Media menunjukkan bahwa mayoritas pembaca sadar pentingnya program Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau kerap disebut Sustainable Development Goals (SDGs).

SDGs merupakan komitmen bersama untuk mencapai kesejahteraan masyarakat sekaligus tetap melestarikan lingkungan. 

Program yang disusun Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) pada 2015 ini memiliki prinsip universal, integrasi dan inklusif, untuk meyakinkan bahwa tidak ada satu pun yang tertinggal.

KG Media melakukan riset untuk mengetahui ketertarikan pembaca terhadap SDGs. Hasil riset diharapkan bisa menjadi referensi bagi para pemegang keputusan untuk ikut ambil bagian dalam menjalankan misi mulia program ini.

Riset KG Media ini dilakukan dengan dua metode, yakni kuantitatif dan kualitatif.

Survei kuantitatif dilaksanakan pada 10-21 Mei 2023 secara daring melalui widget, media sosial, dan native polling di seluruh unit KG Media. 

Sebanyak 5.620 responden yang berpartisipasi berasal dari berbagai usia dan gender dan dari pembaca KG Media selama 1 tahun terakhir.

Sedangkan riset kualitatif dijalankan dengan jumlah responden 5 orang yang dipilih secara acak. Riset kualitatif dilaksanakan secara daring dengan in depth interview (wawancara mendalam) pada 24-25 Mei 2023.

Baca Juga: Program Gagas RI ke-2 di KG Media: Peradaban dan Kemanusiaan dalam Tantangan Kemajuan Teknologi

Temuan riset KG Media

Berdasarkan riset, KG Media menemukan bahwa sebanyak 4 persen pembaca sudah mengikuti isu-isu sosial/lingkungan/etika bisnis. 

Mereka memperhatikan program atau kinerja perusahaan terkait SDGs, dan juga aktif dalam aktivitas sosial dan/atau lingkungan.

Berdasarkan jenis kelamin dan usia, pembaca perempuan ternyata lebih peduli terhadap isu SDGs daripada pembaca laki-laki. 

Sedangkan pembaca di usia 18-34 tahun lebih peduli pada isu SDGs bila dibandingkan dengan pembaca berusia lebih dari 35 tahun.

Selain itu, pembaca usia muda lebih tertarik dengan isu pendidikan karena mereka sedang atau berencana akan melanjutkan studinya. Sedangkan pembaca yang berusia di atas 35 tahun lebih tertarik dengan isu kesehatan, khususnya kesehatan anak dan keluarga.

Kemudian, aktivitas yang paling banyak dilakukan pembaca adalah kerja bakti lingkungan. 

Mereka juga cenderung lebih banyak melakukan kegiatan komunal dibandingkan personal. Tak hanya itu, pembaca muda ternyata lebih aktif dalam kegiatan sosial dan atau lingkungan dibanding pembaca dewasa.

Baca Juga: KG Media Hadirkan Diskusi Publik “Gagas RI”, Kupas Gagasan Para Pemikir Besar Indonesia

Isu SDGs berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk

Salah satu hal menarik yang ditemukan dalam survei ini adalah bahwa isu SDGs berpengaruh terhadap kebiasaan pembaca mengonsumsi suatu produk. 



Sumber : KG Media

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.