Kompas TV advertorial
advertorial

Ingin Membuka Klinik Kesehatan? Berikut Caranya

Kompas.tv - 17 April 2023, 11:30 WIB
ingin-membuka-klinik-kesehatan-berikut-caranya
Ilustrasi ruangan dalam klinik kesehatan (Sumber: Dok. Kicaumania)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Selain rumah sakit (RS), mengunjungi layanan kesehatan lain, seperti klinik, kerap jadi alternatif bagi banyak orang yang ingin berobat.

Tak hanya karena harga terjangkau dan kualitas yang ditawarkan, ramainya kunjungan ke klinik biasanya juga didukung oleh faktor aksesibilitas yang lebih mudah ketimbang RS.

Atas alasan tersebut, tak heran jika klinik jadi fasilitas kesehatan yang cukup dibutuhkan oleh masyarakat. Utamanya, masyarakat menengah yang berada jauh dari pusat kota.

Untuk diketahui, klinik kesehatan dapat dibangun oleh berbagai pihak, mulai dari perusahaan, lembaga pemerintah, hingga individu.

Namun, bukan berarti fasilitas tersebut dapat didirikan dengan mudah. Sebab terdapat beberapa hal yang harus dipertimbagkan dan dipenuhi, terutama terkait kualitas, kelengkapan alat, dan perizinan.

Bagi yang ingin mendirikan klinik kesehatan, berikut sejumlah hal yang patut Anda pertimbangkan.

1. Tentukan spesialisasi klinik

Sebelum memulai, Anda perlu menentukan spesialisasi klinik yang ingin dijalankan, seperti klinik umum, gigi, kulit dan kecantikan, kesehatan mental, serta klinik kebidanan dan kandungan.

Dengan menentukan spesialisasi, Anda akan lebih mudah dalam menentukan jenis fasilitas, peralatan, dan staf sesuai yang dibutuhkan.

2. Buat rencana bisnis

Layaknya membangun suatu usaha, perencanaan bisnis yang matang juga dibutuhkan sebelum Anda memutuskan untuk membuka layanan kesehatan seperti klinik. Ini diperlukan agar Anda terhindar dari kerugian.

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan analisis pasar, sumber daya manusia, keuangan, pemasaran, dan operasional.

Selain itu, rencana bisnis juga akan membantu Anda dalam menentukan anggaran yang dibutuhkan, memperoleh pinjaman, dan merencanakan tindakan selanjutnya.

3. Tentukan lokasi

Lokasi jadi salah satu bahan pertimbangan penting yang tak boleh dilewatkan. Agar klinik yang dibangun bisa dikunjungi banyak orang, sebaiknya Anda memilih lokasi yang strategis dan mudah diakses, seperti di sekitar pusat kota atau kawasan permukiman.

Pastikan pula bahwa lokasi klinik Anda memenuhi persyaratan perizinan dan peraturan yang berlaku.

4. Siapkan dokumen hukum dan perizinan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x