Kompas TV advertorial
advertorial

Pentingnya Memilih Metode Belajar yang Tepat untuk Pendidikan Prasekolah Anak

Kompas.tv - 1 Maret 2023, 19:00 WIB
pentingnya-memilih-metode-belajar-yang-tepat-untuk-pendidikan-prasekolah-anak
Gratis les Kumon sebanyak 4 kali selama 14 hari! Yuk, daftar sekarang! (Sumber: Dok. Kumon)

KOMPAS.TV – Kesadaran masyarakat akan pentingnya lembaga les anak prasekolah makin berkembang. Saat ini, banyak orang tua yang memiliki anak usia 0–5 tahun sudah memikirkan lembaga pendidikan yang tepat untuk mendukung tumbuh kembangnya.

Situasi tersebut menunjukkan semakin banyak orang tua yang menyadari dan memahami bahwa usia dini merupakan fase perkembangan pesat bagi anak, baik secara karakter maupun intelegensi, sehingga fase ini perlu ditangani dengan baik.

Melansir Kompas.com, Sabtu (9/4/2021), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bahkan telah mendorong pemerintah daerah (pemda) untuk membuat aturan wajib pendidikan anak usia dini.

Lembaga les anak prasekolah dapat membantu anak untuk terbiasa mempelajari dan mengerjakan hal-hal kecil dengan baik sejak usia dini. Dengan begitu, seiring bertumbuh dewasa, mereka dapat dipercaya untuk melakukan hal-hal yang lebih besar.

Jika generasi muda merupakan penentu masa depan bangsa, maka lembaga les anak prasekolah merupakan salah satu fondasi untuk membentuk pola pikir masyarakat yang ideal.

Namun, menemukan lembaga les anak prasekolah yang tepat dan terjangkau terkadang cukup sulit. Lembaga les prasekolah mungkin sudah cukup menjamur, tetapi belum tentu mutu metode pembelajarannya sudah cukup baik.

Orang tua sebaiknya memilih lembaga les prasekolah dengan metode pembelajaran yang dapat membantu anak untuk meningkatkan kemampuannya secara mandiri, tanpa dituntut melakukan banyak hal yang tidak sesuai fase perkembangan dan minatnya.

Sebagai rekomendasi, orang tua dapat mencoba Metode Kumon. Metode ini dikembangkan oleh seorang guru matematika asal Jepang, Toru Kumon, pada 1954.

Pada saat itu, Toru Kumon membuat lembar kerja matematika untuk anaknya yang duduk di bangku Sekolah Dasar (SD) untuk membantu meningkatkan hasil tes matematikanya. Metode tersebut berhasil dan menjadi asal mula pendidikan Metode Kumon.

Baca Juga: Mengenal Lebih Dekat Metode Belajar Kumon



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x