Kompas TV advertorial

Mengenal Lebih Dekat Metode Belajar Kumon

Kompas.tv - 18 Oktober 2022, 19:00 WIB
mengenal-lebih-dekat-metode-belajar-kumon
Seorang anak sedang memasuki kelas Kumon (Sumber: Dok. Kumon)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV - Setiap anak memiliki tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Karena itu, penting untuk menyesuaikan kemampuannya dengan kebutuhan setiap anak, baik kemampuan akademik dan non-akademik.

Jika keduanya berkembang dengan baik maka akan meningkatkan kemampuan belajar mandiri dan kepercayaan diri anak.

Kemampuan belajar mandiri tentu sangat berguna bagi kehidupan anak seperti ketika mengikuti pembelajaran di sekolah. Maka itu penting untuk anak dapat belajar secara kontinu.

Setiap orang tua pasti menginginkan anak mendapatkan pendidikan terbaik. Sehingga, banyak yang mencari tempat belajar dengan metode pendidikan terbaik pula.

Karena itu, diperlukan adanya metode dan cara pengajaran yang sesuai untuk membentuk anak menjadi generasi yang unggul, seperti metode pembelajaran Kumon.

Asal Muasal Metode Kumon?

Berawal di tahun 1954, ketika seorang ibu menemukan hasil tes matematika di saku anaknya, Takeshi Kumon yang saat itu duduk di bangku kelas dua Sekolah Dasar (SD).

Melihat hasil tes yang tidak sebagus biasanya, ibu Takeshi bertanya kepada suaminya, Toru Kumon tentang apa yang sebaiknya dilakukan. Untuk menjawab kekhawatiran istrinya, Toru Kumon lalu mulai membuat lembar kerja matematika.

Berdasarkan pengalamannya sebagai guru SMA, Toru Kumon mengetahui bahwa banyak siswa SMA yang kesulitan dalam pelajaran matematika karena kurangnya kemampuan hitung.

Karena itu, Toru Kumon fokus untuk mengembangkan kemampuan hitung Takeshi, dan membuat bahan pelajaran yang bisa dikerjakan anaknya dengan mandiri.

Dari pengalamannya dalam bidang pendidikan, Toru Kumon memahami bahwa siswa hanya bisa mendapatkan kemampuan akademik yang sesungguhnya dengan kemampuannya sendiri.

Kelebihan Metode Kumon



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x