Kompas TV brandsight
BrandSight
Konten ini merupakan kerja sama KompasTV dengan GENERALI

Baru Dapat Bonus Tahunan? Simak 5 Tips Bijak Mengelolanya, Yuk!

Kompas.tv - 28 Desember 2022, 09:30 WIB
baru-dapat-bonus-tahunan-simak-5-tips-bijak-mengelolanya-yuk
Ilustrasi seorang pria mendapatkan bonus tahunan. (Sumber: Dok. Shutterstock)
Penulis : Meirna Larasati

KOMPAS.TV – Penghujung tahun termasuk waktu tertentu yang dinantikan banyak orang tiap tahunnya. Tidak hanya bertepatan dengan masa libur Natal dan tahun baru, pembagian bonus akhir tahun menjadi alasannya.

Karena diterima di luar gaji rutin, kehadiran bonus akhir tahun tentunya membuat penerimanya tergoda menggunakannya dengan royal. Jika tidak dikelola dengan tepat, bisa saja malah berisiko terjebak masalah keuangan.

Di sisi lain, tak jarang orang merasa kebingungan untuk menggunakannya. Ada beberapa tips yang dapat Anda coba untuk mengola bonus akhir tahun dari tempat kerja. Simak, yuk!

1. Lakukan Self Reward

Setelah bekerja sepanjang tahun, melakukan hal yang disukai sebagai self reward dapat memotivasi Anda di masa kerja selanjutnya. Anda bisa menggunakan bonus tahunan untuk berlibur, membeli gadget, atau hal lain yang diinginkan.

Namun, jangan lupakan bahwa ada hari-hari lain setelah tahun baru dan self reward. Karena itu, ada baiknya agar Anda tidak kebablasan saat  menyenangkan diri sendiri dengan bonus tahunan.

Sesering dan sekecil apapun bentuk self reward, hal tersebut merupakan bentuk penghargaan bagi pencapaian Anda serta bermanfaat bagi kesehatan mental Anda. Self reward yang terukur tentu akan menyenangkan hati di hari ini dan di masa mendatang.

2. Cek Sisa Cicilan dan Utang

Jika Anda memiliki sisa cicilan dan utang yang perlu dilunasi, jadikanlah sebagai prioritas pembayaran. Buat daftar utang yang harus dilunasi terlebih dahulu, dari besaran tertinggi hingga terendah dan skala prioritas pelunasan.

Anda sebaiknya segera melunasi utang berbunga tinggi atau bersifat tidak tetap, misalnya tagihan kartu kredit. Beban pembayaran di masa mendatang akan menjadi lebih ringan dan gaji bisa dialokasikan ke pos lain.

3. Upgrade Diri Melalui Sertifikasi Berbayar

Salah satu cara bijak sekaligus cerdas untuk menghabiskan bonus akhir tahun Anda adalah dengan berinvestasi pada diri sendiri. Anda bisa mencoba mengikuti pelatihan atau kursus berbayar untuk menambah keterampilan sehingga meningkatkan value diri.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x