Kompas TV advertorial

Hybrid Toyota Memang Selalu Istimewa

Kompas.tv - 21 Desember 2022, 17:46 WIB
hybrid-toyota-memang-selalu-istimewa
Toyota menawarkan sederet lineup Hybrid Electric Vehicle (HEV), seperti Corolla Cross Hybrid, Corolla Altis Hybrid, CHR Hybrid, dan Camry Hybrid. (Sumber: Dok. Toyota)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Toyota bukan pemain baru di bidang mobil listrik. Buktinya bisa kita lihat dari lineup Hybrid Electric Vehicle (HEV), seperti Corolla Cross Hybrid, Corolla Altis Hybrid, CHR Hybrid, dan Camry Hybrid. Tentu saja lineup HEV ala Toyota tersebut masih akan bertambah di masa depan. 

Salah satu keistimewaan lineup HEV terlihat dari varian lain yang juga dikembangkan Toyota, yakni Plug-in Hybrid Electric Vehicle (PHEV). Sekilas pandang, HEV dan PHEV sama-sama memakai teknologi hybrid yang menggabungkan kombinasi antara mesin bensin dengan baterai atau motor listrik. 

Perbedaannya ada pada model kendaraan PHEV yang hadir dengan koneksi listrik. Jadi, setiap pemilik PHEV bisa melakukan pengisian daya baterai layaknya model kendaraan BEV. 

Bukti Keistimewaan Hybrid Toyota

Sampai hari ini Toyota sudah menjual lebih dari 2 juta unit HEV secara global, sekaligus menyumbang pengurangan emisi rumah kaca sebanyak 139 juta ton. 

Salah satu kelebihan kendaraan HEV Toyota adalah ia tidak membutuhkan perawatan khusus. Tidak ada perbedaan signifikan antara cara merawat mobil konvensional maupun HEV.    

Lalu yang paling penting, konsumsi bahan bakar mobil HEV Toyota jauh lebih baik ketimbang mobil konvensional maupun sistem hybrid kendaraan lain. 

Misalnya, seorang pengemudi mobil hybrid Toyota terjebak dalam kemacetan, sistem hybrid Toyota (yang juga disebut THS) mencegah pengereman sia-sia, sekaligus motor listrik akan digunakan untuk menggerakkan mobil. Jadi, dalam kondisi macet, bahan bakar yang dikonsumsi lebih sedikit. 

Bahkan ketika dikemudikan dalam mode Electric Vehicle (EV), mesin bensin secara otomatis akan dimatikan. Dengan demikian, bahan bakar yang dikonsumsi dalam sekali perjalanan jadi berkurang.  

Di tengah kenaikan harga BBM, opsi untuk beralih ke mobil hybrid Toyota tentu jadi lebih masuk akal. Lagipula, Toyota termasuk pemain lama di bidang mobil hybrid, jadi tidak ada alasan untuk meragukan kapabilitas perusahaan asal Jepang itu dalam memproduksi kendaraan listrik.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x