Kompas TV advertorial

Tips Memilih Laptop yang Bagus untuk Kebutuhan Kerja, Jangan Asal Murah!

Kompas.tv - 6 Oktober 2022, 16:37 WIB
tips-memilih-laptop-yang-bagus-untuk-kebutuhan-kerja-jangan-asal-murah
Ilustrasi laptop sebagai penunjang pekerjaan (Sumber: Dok. Ceklist.id)
Penulis : Adv Team

KOMPAS.TV – Di masa kini, laptop sudah menjadi perangkat yang begitu penting, terutama dalam menunjang aktivitas kerja atau sekedar hiburan. Namun, banyaknya jenis laptop terkadang dapat membingungkan Anda dan kesulitan dalam memilih.

Laptop mudah untuk dibawa dan fleksibel. Anda bisa melakukan pekerjaan secara praktis karena dapat mudah dibawa sehingga bisa dioperasikan kapanpun dan dimanapun.

“Laptop adalah mesin multiguna yang dapat digunakan untuk pemrograman dan juga diprogram. Mesin ini dapat menerima data fakta dan menggambar dengan kasar yang kemudian data tersebut diproses atau dimanipulasi menjadi sebuah informasi yang dapat digunakan oleh penggunanya,” ujar pakar komputer William Sawyer.

Baca Juga: Sistem Pendingin Penting untuk Laptop Gaming, Bisa Pengaruhi Stabilitas Performa

Mendapatkan laptop yang ideal untuk kerja tidak hanya berpatokan dari harga saja. Anda perlu melihat spesifikasi dan fungsi kegunaan yang tepat untuk menunjang pekerjaan. Hal yang terpenting adalah jangan asal mendapatkan laptop dengan harga murah. 

Beberapa tips ini akan membantu Anda dalam memilih laptop yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Simak ulasannya, dihimpun dari ceklist.id berikut ini.

1. Sistem Operasi

Langkah pertama untuk mendapatkan Laptop Terbaik, Anda harus memilih OS alias operating system. Ini akan memengaruhi pengalaman penggunaan laptop Anda. Pemilihan sistem operasi juga bisa menentukan aplikasi apa saja yang bisa Anda pakai.

Secara umum, ada beberapa OS yang bisa Anda pilih, yaitu:

  • Windows, fleksibel, populer, namun rawan kena serangan digital
  • macOS, aman, punya nilai prestisius, namun mahal dan hanya dimiliki Apple
  • Chrome OS, ringan, tapi tak bisa dipasang banyak aplikasi
  • Linux, gratis, tetapi kurang user-friendly

Aplikasi tertentu hanya bisa dipakai di OS tertentu saja. Sebagai contoh adalah Sketch yang hadir khusus untuk macOS. Maka, pertimbangkan tool penunjang pekerjaan Anda dalam memilih sistem operasi.

2. Tentukan tipe laptop

Secara umum, ada beberapa jenis laptop, seperti:

  • entry-level atau budget, murah namun spesifikasi minimal
  • premium, mahal tapi spesifikasi maksimal
  • 2-in-1, bisa diubah menjadi tablet
  • laptop bisnis, punya fitur keamanan tambahan, kamera canggih untuk video call, dll.

Masing-masing tipe laptop punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Sebagai tips, Anda bisa membeli laptop sesuai kebutuhan saja.

Baca Juga: Cara Bagikan Layar atau Share Screen Google Meet di HP dan Laptop

Kalau memang Anda tak perlu layar touchscreen, pilih laptop dengan layar standar saja. Sebab, layar touchscreen sendiri bisa mengurangi daya tahan baterai laptop Anda.

3. Ketahanan baterai

Apakah Anda sering melakukan pekerjaan di luar kantor? Jika begitu, apakah sulit mencari sambungan listrik di tempatmu kerja? Jika demikian, maka pilih laptop yang baterainya tahan lama.

Jika Anda sering kerja di dalam ruangan, hal ini tentu tak jadi masalah. Ketahanan baterai bisa jadi fitur bonus saja untuk Anda. Dengan langkah ini, Anda bisa memilih laptop yang tepat untuk kerja.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x