Kompas TV advertorial

AWS Asia Pasifik Jakarta Pacu Pemerataan Teknologi Cloud Berbagai Sektor Usaha

Kompas.tv - 20 Desember 2021, 18:11 WIB
aws-asia-pasifik-jakarta-pacu-pemerataan-teknologi-cloud-berbagai-sektor-usaha
AWS Cloud Day Indonesia 2021. (Sumber: Dok. AWS)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Amazon Web Services mengumumkan peluncuran Wilayah AWS Asia Pasifik (Jakarta) melalui acara virtual “AWS Cloud Day Indonesia 2021”, Kamis (16/12/2021).

Hadirnya AWS Asia Pasifik (Jakarta) disambut baik oleh pelanggan dan mitra AWS di Indonesia yang telah bergabung dengan jutaan pelanggan aktif AWS di lebih dari 190 negara untuk mempercepat inovasi, meningkatkan kelincahan, dan mendorong penghematan biaya.

Organisasi di seluruh Indonesia yang telah memindahkan beban kerja mission-critical mereka ke cloud antara lain Adskom, Amartha, Anter Aja, ASEAN Foundation, Bhinekka, Bizzy, Bridestory, Bank Commonwealth Indonesia, Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Barat, Elevenia, FinAccel, Happyfresh, Haldin, Hara Token, Halodoc, Kompas, Jawa Pos, Kumparan, Lion Air, MNC Group, Mamikos, Optik Melawai, Optik Seis, Sayurbox, Sekolah.mu, Shipper, SiCepat, Simak Online, Sociolla, The Body Shop, Tokopedia, Traveloka, dan XL Axiata.

Beroperasinya AWS cloud computing data center menjadi salah satu penunjang dalam mewujudkan ekonomi digital yang semakin berkembang.

AWS Indonesia diharapkan menjadi jembatan kolaborasi pemangku kepentingan lintas sektor dan dapat memacu pemerataan pemanfaatan teknologi komputasi awan di sektor bisnis dari beragam usaha.

Halodoc. Dengan menggunakan teknologi AWS, startup teknologi kesehatan ini mendukung inisiatif vaksinasi, pengujian, dan telemedicine nasional Covid-19 di Indonesia.

Ketersediaan Wilayah AWS Asia Pasifik (Jakarta) membantu menyediakan perawatan kesehatan berkualitas yang dapat diakses oleh semua orang.

“Covid-19 telah mendorong banyak orang untuk mencari layanan perawatan kesehatan alternatif yang dapat diakses dari jarak jauh. Ketika lalu lintas kami melonjak secara signifikan pada awal pandemi, kami yakin kami dapat mengatasi tantangan karena tim yang solid dan diperluas yang mencakup AWS,” kata Chief Product Officer Halodoc, Alfonsius Timboel.

“Saat ini, kami juga sedang menjajaki teknologi AWS lainnya, seperti machine learning, untuk meningkatkan pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi kami,” lanjutnya.

Teknologi andal AWS telah menghubungkan semua orang dengan jaringan Halodoc yang terdiri dari 20.000 dokter berlisensi, 2.000 rumah sakit/klinik/lab, dan 4.000 apotek terdaftar di ratusan kota di Indonesia.

Baca Juga: Perusahaan Teknologi Raksasa Amazon Hadirkan AWS Cloud Day Indonesia 2021

Pos Indonesia. Penyedia layanan pos nasional, PT Pos Indonesia (persero) bekerja sama dengan AWS sebagai bagian dari perjalanan digitalisasinya.

“Wilayah AWS Asia Pasifik (Jakarta) akan membantu kami menyelaraskan dan mengubah secara digital prioritas bisnis dan sosial kami untuk memberikan layanan publik yang lebih efisien untuk kepentingan seluruh masyarakat Indonesia,” kata CEO PT Pos Indonesia, Faizal Rochmad Djoemadi dalam keterangan resmi yang diterima KompasTV.

Digitasi dan otomatisasi proses tradisional, serta ekspansi bisnis yang dimungkinkan oleh aplikasi digital, kata Faizal, akan memainkan peran besar dalam strategi masa depan PT Pos Indonesia (Persero).

“PT Pos Indonesia (Persero) berencana untuk memindahkan beban kerja penting dan inti termasuk transfer uang digital ke AWS di Wilayah AWS Asia Pasifik (Jakarta),” lanjutnya.

Ruparupa.com. Pandemi Covid-19 telah mendorong banyak konsumen untuk berbelanja online dan membuat platform e-commerce berkembang pesat.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x