Kompas TV advertorial

Cerita Indonesia Berprestasi Hingga Raih 5 Medali di Olimpiade Tokyo 2020 Saat Pandemi

Kompas.tv - 12 Agustus 2021, 18:13 WIB
cerita-indonesia-berprestasi-hingga-raih-5-medali-di-olimpiade-tokyo-2020-saat-pandemi
Dialog Produktif Rabu Utama di Media Center KPCPEN, Kamis (11/8/2021). (Sumber: Dok. KPCPEN)
Penulis : Elva Rini

JAKARTA, KOMPAS.TV – Olimpiade Tokyo 2020 berhasil digelar di tengah keterbatasan akibat pandemi. Indonesia berhasil membawa pulang 5 medali, di antaranya adalah perunggu yang diraih Windy Cantika Aisah dari cabor angkat besi.

Pelatih Angkat Besi Tim Indonesia, Dirja Wihardja mengakui, pandemi memunculkan tantangan tersendiri bagi geliat ranah olahraga.

Para atlet harus menjadwal ulang program latihan juga menjaga motivasi, agar performa dan kebugaran tubuh mereka terjaga, sekaligus tetap terlindung dari penyebaran virus Covid-19.

Kendati selama 2020 tidak ada turnamen yang dapat diikuti, latihan rutin dan pola hidup sehat tetap dipelihara oleh para atlet di pelatnas untuk menjaga stamina dan performa.

“Kami melakukan simulasi pertandingan 2 minggu sekali untuk menjaga atmosfer kompetisi. Sebagai persiapan Olimpiade Tokyo, tim juga mengikuti try out dua kali tahun ini ke Uzbekistan, sehingga setidaknya, atlet mengetahui situasi pertandingan saat pandemi,” jelas Dirja dalam Dialog Produktif Rabu Utama di Media Center KPCPEN, (11/8/2021).

Baca Juga: Usai Olimpiade Tokyo, Para Atlet Kembali dan Disambut di Negara Masing-masing

Atlet sekaligus peraih medali perunggu Olimpiade Tokyo 2020, Windy Cantika Aisah mengatakan, Olimpiade Tokyo memang terasa berbeda, baik dari sisi protokol kesehatan ketat, tes PCR (polymerase chain reaction) berulang agar tidak tertular virus Covid-19, sampai suasana pertandingan tanpa penonton serta sekeliling arena yang digelapkan.

Menanggapi hal itu, Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Zainudin Amali mengatakan, adaptasi-adaptasi masih terus dilakukan selama pandemi.

Kendati demikian, dirinya memberikan apresiasi khususnya untuk para atlet yang tetap berusaha untuk meraih prestasi.

“Pemerintah sangat mengapresiasi, bahwa di tengah tekanan dan kebiasaan baru tersebut, para atlet kita berhasil menorehkan prestasi. Banyak pelajaran yang bisa dipetik dari penyelenggaraan Olimpiade Tokyo ini dan menjadi catatan semua pihak,” tegasnya.

Dukungan pemerintah untuk para atlet

Menurut Menpora, Olimpiade merupakan sasaran utama Grand Design Olahraga Nasional. Untuk mengoptimalkan kinerja para atlet, pemerintah akan mendirikan training camp sebagai fasilitas terpadu penggodokan atlet elit nasional, bertempat di Cibubur, Jakarta.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x