Kompas TV video cerita indonesia

Pesawat TNI Jenis Hawk 200 Yang Jatuh, Buatan Inggris

Kompas.tv - 15 Juni 2020, 12:02 WIB
Penulis : Abdur Rahim

RIAU, KOMPATV – Sebuah pesawat milik TNI Angkatan Udara jatuh di kawasan pemukiman warga, tepatnya di Desa Kubang Jaya, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Riau.

Pesawat jatuh pada hari Senin (15/6/2020) pagi, sekitar pukul 07.30. Saat jatuh, pesawat tersebut mengeluarkan kobaran api yang cukup besar di sekitar perumahan warga.

Terlihat, beberapa rumah warga hancur akibat jatuhnya pesawat ini.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh Keplada Desa Kubang Jaya Tarmizai saat dihubungi Kompas.com, dimana ia membenarkan insiden tersebut.

“Iya benar pesawat. Pesawat tempur ini (yang jatuh). Pilotnya selamat”, ujar Tarmizi melalui sambungan telepon, Senin, (15/6/2020).

Baca Juga: Pesawat TNI Jatuh, Perumahan Warga di Kampar Riau Hancur

Pesawat yang jatuh merupakan pesawat dengan jenis Hawk 200. Pesawat ini merupakan pesawat buatan Inggris, yakni British Aerospace (BAE). 

Pesawat ini mulai bergabung dengan TNI-AU semenjak tahun 1996. Sementara itu, pesawat berjenis Hawk 200 ini merupakan pesawat dengan kursi tunggal, yang biasa digunakan untuk serangan darat, atau ground attack.

Hingga sampai saat ini, belum diketahui penyebab jatuhnya pesawat teresbut. TNI AU tengah melakuakn investigasi terkait jatuhnya pesawat tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x