Kompas TV video cerita indonesia

Pesan Dokter Reisa, Ini Gizi yang Dibutuhkan agar Terhindar Corona

Kompas.tv - 14 Juni 2020, 17:09 WIB
Penulis : Abdur Rahim

JAKARTA, KOMPASTV – Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Covid-19, Reisa Broto Asmoro menyampaikan pentingnya menjaga imunitas tubuh lewat makanan yang dikonsumsi. Hal ini, terbukti mampu dapat membantu pasien Covid-19 sembuh dari virus, meskipun belum ditemukan antivirus.

“Pengakuan dari mereka, para pasien yang sembuh, mempertahankan porsi dan gizi seimbang, sangat membantu mereka meningkatkan kekebalan tubuh,” ujar Dokter Reisa saat memberikan konfrensi pers.

Baca Juga: Update Corona Indonesia 14 Juni: 38.277 Positif, 14.531 Sembuh, 2.134 Meninggal

Ia menambahkan, gizi seimbang harus tetap dipenuhi oleh tubuh, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Adapun gizi yang dimaksud adalah sebagai berikut: 

  1. Makan makanan bergizi seimbang dan dalam makanan yang kita konsumsi sehari-hari, harus mengandung sumber karbohidrat, jenisnya bermacam macam, seperti nasi, jagung, kentang dan umbi-umbian dan sagu
  2.  Sumber protein yang baik adalah hewani ataupun nabati, seperti tempe, kacang-kacangan, daging, telur, ayam, ikan, dan lainnnya juga tak kalah penting.
  3. Sayuran dan buah-buahan merupakan sumber vitamin dan mineral dan serat, terutama untuk sayur dan buah berwarna warni. Buah-buahan berwarna warni  memiliki vitamin dan antioksidan. Vitamin yang dibutuhkan dalam pandemi ini adalah Vitamin A, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, E, dan konsumsi mineral dan zat besi
  4. Air minum sebanyak 8 gelas sehari, agar menghindari dehidrasi.

Selain melengkapi kandungan gizi tersebut, Dokter Reisa juga menyarankan untuk berolahraga setiap hari. Karena, hal ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh.

Baca Juga: Reisa Broto Asmoro: Kalau Sakit Sebaiknya Jangan ke Pasar

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x