Kompas TV video cerita indonesia

Smart Bondowoso, Aplikasi Canggih Berbasis Android Pemantau Pasien Covid-19

Kompas.tv - 10 Juni 2020, 21:52 WIB
Penulis : Aryo bimo

BONDOWOSO, KOMPAS.TV - Kepolisian Resor Bondowoso, Jawa Timur, terapkan aplikasi pemantau pasien Covid-19 dengan nama Smart Bondowoso.

Aplikasi berbasis android ini akan mengetahui pergerakan pasien berstatus Orang Dalam Pengawasan (ODP), Pasien Dalam Pengawasan (PDP), dan warga positif Covid-19.

Aplikasi akan mengetahui mobilitas dan keberadaan pasien karena ponsel miliknya terhubung dengan Command Center atau pusat kendali di Mapolres Bondowoso.

Baca Juga: Aplikasi L-Cov untuk Lacak Covid-19 Siap Diluncurkan, Begini Fitur dan Cara Kerjanya

Aplikasi yang diterapkan di tiap desa atau gugus tugas ini akan mengetahui posisi pasien hingga radius 200 meter dari desa tempat pasien tersebut diisolasi.

Jika pasien diketahui berada diluar radius maka petugas di pusat kendali akan berkoordinasi dengan tim gugus tugas di desa maupun Kampung Tangguh Semeru.

Selain memantau pergerakan pasien, Smart Bondowoso juga menyediakan layanan informasi, konsultasi dan pemeriksaan kesehatan secara online dari rumah. 

Aplikasi Smart Bondowoso bisa diunduh melalui Google Play Store. Dalam aplikasi ini, identitas pasien tidak dapat dilhat kecuali oleh tim gugus tugas Covid-19.

Baca Juga: Inisiatif Membuat Aplikasi Online Untuk Bantu Pedagang Pasar

Berdasarkan data dari tim gugus tugas Covid-19 Kabupaten Bondowoso hingga 10 Juni 2020, terdapat 19 pasien positif Covid-19, 10 pasien dalam pengawasan, dan 1.072 orang dalam pemantauan. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x