Kompas TV video top 3 news

Top 3 News: Update Corona, Kemenlu Respon Video ABK WNI, Transportasi Umum Beroperasi

Kompas.tv - 7 Mei 2020, 21:08 WIB
Penulis : Ade Indra Kusuma

KOMPASTV - Berita pertama datang dari video viral yang dipublikasikan media Korea Selatan. Dalam video tersebut memperlihatkan bagaimana jenazah anak buah kapal asal Indonesia dilarung ke laut.

Menurut laporan eksklusif stasiun televisi Korea Selatan, MBC, dugaan itu berasal dari laporan sejumlah anak buah kapal Warga Negara Indonesia yang bekerja di Kapal Ikan milik Tiongkok.

Baca Juga: YouTuber Prank Sembako Ferdian Paleka Buron Dicari Polisi

“Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) RI memberi perhatian serius atas permasalahan yang dihadapi ABK Indonesia di kapal ikan berbendera China Long Xin 605 dan Tian Yu 8 itu yang beberapa hari lalu berlabuh di Busan, Korea Selatan (Korsel) itu,” seru Kemenlu dalam rilis yang diterima KompasTV (7/5/2020).

Sementara itu, Duta Besar RI untuk Korea Selatan, Umar Hadi mengatakan, saat ini pihaknya tengah menindaklanjuti kasus tersebut melalui Serikat Pekerja Perikanan Indonesia (SPPI) di Korea Selatan.

Berita kedua, Hari Ini, (7/5/ 2020) transportasi umum resmi kembali beroperasi. Ada syarat ketat yang dibuat jika Ingin bepergian.

Pemerintah memutuskan untuk kembali membuka transportasi umum. Dalam rapat bersama Komisi V DPR, Menteri Perhubungan menyebut semua tranportasi umum seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut dan bus boleh kembali beroperasi dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.

Baca Juga: Razia Balap Liar, 10 Remaja Langsung Jalani Rapid Test

Keputusan ini pun menuai pro dan kontra setelah Menhub Ad Interim Luhut Binsar Pandjaitan, menghentikan operasional angkutan umum untuk menekan penularan Covid-19.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo menegaskan, aturan soal larangan mudik tidak berubah. Warga tetap dilarang mudik dan semua diminta menaati

Berita ketiga adalah jumlah kasus Corona di Indonesia hari ini (7/5/2020) bertambah menjadi 12.776 orang. Sebanyak 930 orang dinyatakan meninggal dunia, dan 2.381 orang dinyatakan sembuh dari virus covid-19.




Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x